Rangkaian Lampu Taman Otomatis dengan Solar Cell

11239 views

rangkaian lampu taman otomatis solar cellRangkaian Lampu Taman Otomatis dengan Solar Cell - Sadarkan anda bahwa lampu yang sering anda jumpai di taman atau di jalan-jalan raya dapat menyala sendiri ketika malam hari tiba? Ya, pastinya anda terheran-heran bagaimana bisa lampu tersebut dapat menyala sendiri tanpa menggunakna sebuah kontrol khusus.

Tenang, anda tak perlu kaget karena hal tersebut sangatlah biasa di dunia elektronika. Lampu taman atau lampu jalan yang dapat menyala secara otomatis saat malam hari tiba memanfaatkan cahaya sebagai pengontrolnya. Jadi dalam rangkaian tersebut terdapat sensor yang mampu mendeteksi cahaya.

Saat intensitas cahaya rendah (malam hari), maka saklar ON akan aktif dan membuat lampu menjadi menyala. Sebaliknya jika intensitas cahaya sedang tinggi (siang hari), maka saklar akan otomatis OFF tanpa diperintah dan membuat lampu menjadi mati. Bagaimana, pasti paham kan?

Lampu Taman Otomatis Solar Cell

Berikut ini adalah skema rangkaian lampu taman otomatis dengan menggunakan LDR sebagai sensor pendeteksi cahaya. Penggunaan LDR dianggap lebih murah dan mudah untuk didapatkan. Sekedar informasi bahwa LDR adalah komponen elektronika sejenis resistor yang peka terhadap cahaya. Nilai resistansi dari komponen LDR dapat dipengaruhi oleh intensitas cahaya.

rangkaian lampu taman otomatis dengan ldr

Nah, itulah tadi skema rangkaian lampu taman otomatis dengan mengunakan LDR. Dalam rangkaian tersebut digunakan sumber tegangan AC 220 volt. Jika anda ingin menggunakan solar cell atau panel surya, silahkan modif rangkaian tersebut seperti gambar skema rangkaian yang ada di bawah ini.

rangkaian solar cell

Baca juga : Cara Merangkai Lampu LED 12 Volt

Dapat dilihat dari rangkaian tersebut bahwa semakin banyak lampu atau LED yang digunakan, maka konsumsi tegangannya juga semakin banyak. Jadi anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Komponen yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian tersebut sangatlah sederhana dan mudah untuk didapatkan.

Demikian sedikit informasi mengenai rangkaian lampu taman otomatis solar cell. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi semua, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara membuat lampu taman tenaga surya
  • rangkaian solar cell
  • cara membuat lampu tenaga surya untuk malam hari
  • rangkaian led 220 volt
  • skema lampu
  • rangkaian lampu otomatis
  • cara membuat lampu otomatis sederhana
  • rangkaian listrik solarcell 150w untuk lampu jalan
  • cara membuat lampu tanpa listrik untuk malam hari
  • cara kerja rangkaian lampu taman otomatis

Leave a reply "Rangkaian Lampu Taman Otomatis dengan Solar Cell"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.