Rangkaian Listrik Paralel dan Seri

2745 views

rangkaian listrik paralel dan seriRangkaian Listrik Paralel dan Seri - Dalam dunia elektronika dan kelistrikan, kita mengenal dua jenis rangkaian listrik yakni rangkaian paralel dan rangkaian seri. Mungkin buat anda yang baru belajar masih awam dengan dua jenis rangkaian tersebut. Dua jenis rangkaian tersebut kerap diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baik itu rangkaian paralel maupun rangkaian seri pasti memiliki porsi tersendiri. Buat anda yang belum tahu betul terkait dua rangkaian tersebut, dan berniat ingin mempelajarinya lebih lanjut, langsung saja simak baik-baik ulasan terbaru dari belajarelektronika.net berikut ini.

Pengertian Rangkaian Listrik Paralel

Rangkaian listrik paralel adalah rangkaian listrik yang disusun secara berderet atau paralel. Rangkaian ini memiliki lebih dari satu garis edar untuk dilewati arus listrik. Contoh rangkaian listrik paralel banyak ditemukan pada sistem kelistrikan kendaraan bermotor. Kelebihan dari rangkaian ini adalah masing-masing sambungan dalam rangkaian ini dapat diputus atau disambungkan tanpa mempengaruhi sambungan rangkaian yang lainnya.

rangkaian paralel

Beberapa sifat yang dimiliki oleh rangkaian paralel diantaranya adalah, tiap-tiap beban listrik memiliki tegangan yang sama jika dibandingkan dengan tegangan sumber. Selain itu rangkaian listrik paralel memiliki sifat individu, yang artinya masing-masing arus pada cabangnya tergantung pada besar tahanan cabang. Kelemahan dari rangkaian ini adalah menghabiskan biaya yang mahal karena kabel yang diperlukan juga lebih banyak.

Pengertian Rangkaian Listrik Seri

Rangkaian listrik seri adalah rangkaian listrik yang disusun secara sejajar atau seri. Rangkaian ini memiliki beban listrik dua atau lebih yang terhubung dengan catu daya melalui sebuah rangkaian kelistrikan. Rangkaian seri murapakan rangkaian listrik yang paling sederhana. Contoh rangkaian listrik seri seperti rangkaian lampu yang terpasang di pohon natal atau lampu kelap-kelip penghias teras rumah. Arus yang melewati rangkaian seri memiliki besaran yang sama.

rangkaian seri

Beberapa sifat yang dimiliki oleh rangkaian seri diantaranya adalah beban dalam rangkaian mengalir arus yang sama. Selain itu jika beasr tegangan sama, maka tegangan yang berasal dari sumber akan dibagi-bagi. Kelemahan dari rangkaian seri ini adalah jika salah satu beban terputus, maka semua aliran arus akan terhenti dan rangkaian akan mati. Sedangkan kelebihan dari rangkaian listrik ini adalah biayanya lebih murah karena tak perlu kabel banyak.

Sekian informasi mengenai rangkaian listrik seri dan paralel. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi kita semua, khususnya bagi para pembaca setia web belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda melalui tombol share sosial media di bawah ini.

Incoming search terms:

  • cara membuat rangkaian seri
  • cara memasang lampu paralel
  • contoh rangkaian seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari
  • contoh rangkaian listrik paralel
  • rangkaian hit listrik
  • rangkaian seri plc
  • cara membuat rangkaian listrik seri sama pararel tu
  • Contoh rangkaian listrik paralel dalam kehidupan sehari-hari
  • contoh rangkain listrik pararel
  • contoh yg termasuk dalam rangkaian listrik paralel

Leave a reply "Rangkaian Listrik Paralel dan Seri"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.