Rangkaian Optocoupler Sebagai Switch dan Relay

594 views

Rangkaian Optocoupler Sebagai Switch dan Relay – Ada banyak sekali jenis komponen elektronika yang harus kita pelajari jika ingin menjadi seorang teknisi elektronika handal. Mulai dari komponen elektronika dasar seperti resistor, kapasitor, transistor, dioda, sampai dengan komponen yang mungkin beberapa dari anda masih sangat asing dengannya seperti halnya optocoupler.

Ya, bagi anda yang belum tahu, optocoupler adalah komponen elektronika berbahan semikonduktor yang terdiri dari LED dan komponen lain yang sensitif terhadap cahaya. Komponen yang satu ini biasanya digunakan untuk mengisolasi suatu rangkaian terhadap rangkaian yang lainnya.

Oleh karena itu tak jarang orang menyebut optocoupler dengan nama optical coupler ataupun opto isolator. Jika anda ingin tahu lebih lanjut mengenai pengertian, fungsi, dan prinsip kerja dari optocoupler, silahkan baca artikel yang telah kami tulis sebelumnya, atau bisa langsung klik tautan berikut ini.

Rangkaian Optocoupler Sebagai Switch

Nah, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengulas materi yang masih ada kaitannya dengan komponen elektronika bernama optocoupler, yakni rangkaian optocopler. Anda bisa memfungsikan komponen optocoupler sebagai saklar atau switch dengan menambahkan beberapa komponen elektronika lainnya.

Skema rangkaian di atas merupakan skema rangkaian optocoupler sebagai switch atau saklar yang cukup sederhana. Dari rangkaian tersebut bisa kita lihat bahwa anda hanya perlu menambahkan beberapa komponen elektronika seperti resistor, kapasitor, dan juga dioda. Anda juga bisa memodifikasi rangkaian optocoupler sebagai saklar tadi sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : Nama Komponen Elektronika dan Fungsinya

Rangkaian Optocoupler Relay

Sebenarnya untuk rangkaian kedua ini hampir sama seperti rangkaian pertama, karena pada dasarnya relay juga merupakan sebuah saklar. Hanya saja pada rangkaian yang kami bagikan di bawah ini terhubung dengan mikrokontroller Arduino Mega2560. Selain itu juga digunakan sebuah transistor jenis BD139 untuk mengendalikan relay.

Nah, itulah tadi ulasan singkat mengenai rangkaian optocoupler sebagai switch dan relay. Sebenarnya masih ada beberapa rangkaian lain yang bisa dibuat dengan menggunakan komponen optocoupler seperti pompa AC dan lain-lain. Semoga info tadi bermanfaat dan jangan lupa share info ini ke teman-teman anda sesama teknisi maupun praktisi elektronika.

Incoming search terms:

  • Membuat motor sepeda sederhana
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.