Rangkaian Papan Skor Pertandingan Sepak Bola 2 Digit

1216 views

Rangkaian Papan Skor Pertandingan Sepak Bola 2 Digit – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini hampir semua stadion sepak bola yang ada di Indonesia sudah menggunakan papan skor berteknologi digital. Papan skor tersebut menggantikan fungsi dari papan skor kayu konvensional yang dulu banyak digunakan.

Keberadaan papan skor digital tersebut sebenarnya tak hanya bisa kita temukan pada stadion sepak bola saja, namun juga di lapangan-lapangan lain seperti lapangan futsal, tenis, badminton, dan lain sebagainya. Dengan adanya papan skor digital, petugas tak perlu lagi ribet menggonta-ganti papan kayu skor yang terbilang ribet.

Cukup dengan memencet tombol saja maka skor bisa ditampilkan sesuai dengan keinginan. Pastinya anda semua mengira bahwa untuk membuat papan skor digital pertandingan sepak bola sangat susah dan diperlukan biaya yang besar. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena kita bisa membuat papan skor digital sederhana dengan mudah.

Rangkaian Papan Skor Digital Sederhana

Ya, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat informasi menarik mengenai skema rangkaian papan skor digital pertandingan sepak bola sederhana. Papan skor digital yang akan kita buat hari ini adalah yang 2 digit saja. Jika anda ingin menggunakan 4 digit, tentu harus menambahkan beberapa komponen.

Sebelum ke skema rangkaiannya, perlu anda ketahui bahwa rangkaian ini menggunakan otak berupa IC up counter CMOS 4026 yang cukup mudah kita temukan di pasaran. Selain itu harga IC tersebut juga tidak mahal. IC tersebut bisa langsung dihubungkan ke seven segment common katoda. Berikut gambar skema IC dan juga seven segmentnya.

Karena kita akan membuat papan skor dua digit, maka kita akan melakukan hubung tingkat antar IC. Jadi, saat IC pertama mencapai angka 5, maka output CO akan menjadi Low (0). Dan sebaliknya, saat IC mencapai 0 akan menjadi High (1). Perpindahan dari 0 ke 1 akan mengakibatkan counter menambah 1.

Baca juga : Rangkaian Jam Digital dengan Seven Segment

Hal tersebut mengakibatkan pin CO digit yang ada sebelumnya dapat menjadi input clock IC dengan pembagian puluhan lebih lanjut. Jika anda bingung, langsung saja simak baik-baik skema rangkaian papan skor pertandingan sepak bola digital sederhana dengan dua sevent segment berikut ini.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Anda juga bisa memodifikasi rangkaian tersebut menjadi rangkaian waktu dengan menambahkan dua buah sevent segment. Namun IC yang digunakan tentu berbeda, yakni menggunakan IC timer agar hasilnya lebih efisien. Anda juga bisa menambahkan tombol reset seperti yang ada pada rangkaian di bawah ini.

Baca juga : Rangkaian Counter Up Down Sederhana

Jika anda ingin memasangnya secara langsung di stadion, maka anda bisa membuat sevent segment sendiri dengan ukuran lebih besar memanfaatkan susunan LED merah dengan jumlah sesuai kebutuhan. Oke, demikianlah tadi informasi mengenai skema rangkaian papan skor pertandingan sepak bola digital sederhana 2 digit. Semoga bermanfaat.

Loading...