Rangkaian Pembagi Tegangan dan Arus Bercabang

5097 views

rangkaian pembagi tegangan dan arusRangkaian Pembagi Tegangan dan Arus Bercabang - Dalam dunia elektronika serta kelistrikan pastinya kita mengenal yang namanya arus dan juga tegangan bukan? Pada kesempatan kali ini Belajar Elektronika akan mengajak anda semua berbicara mengenai arus dan juga tegangan listrik.

Ya, pada kesempatan yang baik ini Belajar Elektronika akan membahas rangkaian pembagi tegangan (voltage divider) dan rangkaian pembagi arus (current divider). Dua rangkaian ini memang jarang kita temui pada aplikasi elektronika, namun tetap sangat penting untuk dipelajar lebih lanjut jika anda ingin menjadi seorang teknisi elektronika yang handal.

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa fungsi dari rangkaian pembagi ini adalah untuk membagi tegangan atau arus input menjadi satu atau beberapa output yang diperlukan oleh komponen lain di dalam sebuah rangkaian. Jika anda masih bingung, langsung saja simak baik-baik ulasan lengkap dari Belajar Elektronika berikut ini.

Rangkaian Pembagi Tegangan

Rangkaian pembagi tegangan atau yang juga dikenal dengan sebutan voltage divider adalah rangkaian elektronika sederhana yang dapat mengubah tegangan besar menjadi tegangan yang lebih kecil dengan jumlah satu output atau lebih dalam suatu rangkaian elektronika yang kompleks.

Voltage divider dapat gunakan untuk beberapa hal, diantaranya adalah membuat tegangan referensi dari sumber tegangan yang lebih besar, memberikan bias pada rangkaian penguat, memberikan bias pada komponen elektronika aktif, dan masih banyak lagi lainnya. Berikut adalah skema dasar rangkaian pembagi tegangan.
rangkaian pembagi tegangan
Dari rangkaian tersebut dapat dilihat bahwa tegangan masuk terbagi menjadi dua bagian yang masing-masing sebanding dengan nilai resistor yang dikenai oleh tegangan tersebut. Dari pemahaman tersebut dapat diambil sebuah rumus untuk mengetahui nilai Vo yakni sebagai berikut.
rumus rangkaian pembagi tegangan

Baca juga : Cara Membuat Generator Listrik Mini

Rangkaian Pembagi Arus

Rangkaian pembagi arus atau yang juga dikenal dengan nama current divider adalah rangkaian elektronika sederhana yang menggunakan dua buah komponen resistor yang salah satu kakinya dihubungkan menjadi satu ke sumber arus, dan kaki lainnya dihubungkan ke beban. Berikut adalah skema dasar rangkaian pembagi arus.
rangkaian pembagi arus
Dari rangkaian tersebut dapat kita ketahui bahwa bahwa arus total dibagi oleh komponen R1 dan juga komponen R2 sehingga menghasilkan I1 dan juga I2. Dari pernyataan tersebut dapat diambil rumus atau persamaan matematis untuk mengetahui nilai I total sebagai berikut.
rumus rangkaian pembagi arus
Demikian informasi singkat mengenai rangkaian pembagi tegangan dan arus bercabang lengkap beserta dengan rumusnya. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman anda via tombol sosial media di bawah ini.

Incoming search terms:

  • rangkaian pembagi antena tv
  • buku rangkaian pembagi tegangan
  • cara menggambar rangkaian pembagi arus dan tegangan
  • contoh kutipan tentang laporan pembagi tegangan dan arus
  • skema rangkaian devider
  • rumus current divider
  • resistor pembagi suara
  • rankaian pembagi tegangan dan arus sederhana
  • pembagi arus
  • konsep pembagi arus dan tegangan pada rangkaian

Leave a reply "Rangkaian Pembagi Tegangan dan Arus Bercabang"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.