Rangkaian Pengendali Jarak Jauh Sederhana dengan Telepon

1493 views

Rangkaian Pengendali Jarak Jauh Sederhana dengan Telepon – Tentu kita semua akan merasa sangat terbantu apabila semua peralatan listrik yang ada di rumah bisa dikendalikan dari jarak jauh seperti halnya di film-film sains fiksi. Ternyata saat ini kita benar-benar bisa mengendalikan peralatan listrik dari jarak jauh.

Tentu anda bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya? Kita bisa memanfaatkan saluran telepon untuk mengendalikan peralatan listrik dari jarak jauh. Jadi kita bisa membuat sebuah alat yang terdiri dari beberapa blok rangkaian elektronika. Alat tersebut nantinya akan diparalel dengan saluran alat telepon.

Nah, pada kesempatan yang sangat baik ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua melihat bagaimana cara membuat alat pengendali jarak jauh sederhana dengan telepon. Sudah tidak sabar ingin mencobanya? Langsung saja silahkan simak baik-baik ulasan yang satu ini.

Alat Pengendali Jarak Jauh dengan Telepon

Sebelum menginjak ke skema rangkaiannya, perlu anda ketahui pada alat pengendali jarak jauh dengan HP atau telepon ini menggunakan mikrokontroler AT89C2051 yang mungkin sudah cukup familiar bagi anda. Oke, tak perlu berlama-lama lagi langsung saja silahkan simak gambar skema rangkaiannya berikut ini.

Bagaimana, cukup sederhana bukan? Prinsip kerja dari alat pengendali jarak jauh dengan HP cukup sederhana, yakni dengan cara memantau nada-nada yang dikirimkan oleh HP lawan. Pengguna harus mengirimkan kode kunci alias password terlebih dahulu dengan cara menekan tombol telepon lawan sebelum memerintahkan alat untuk menghidup atau matikan peralatan listrik.

Baca juga : Rangkaian Kontrol Lampu dengan Remot TV

Apabila kode kunci atau password telah diterima dengan benar, selanjutnya alat siap menerima perintah-perintah untuk menghidup maupun matikan peralatan listrik yang dikehendaki dari jarak jauh. Alat ini dapat dipadukan dengan berbagai macam peralatan elektronik mulai dari lampu, mesin cuci, pompa air, kulkas, televisi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga ulasan singkat mengenai rangkaian pengendali jarak jauh dengan telepon sederhana ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua, utamanya yang merasa kesulitan jika ingin mengendalikan peralatan elektronik yang ada di rumah maupun di kantor dari jarak jauh. Share jika info kali ini dianggap bermanfaat. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • Membuat rangkaian antena indoor
  • rangkaian pemancar radio fm dan penerima yang sederhana
  • rangkaian pengendali jarak jauh sederhana
  • trik bikin drone
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.