Rangkaian Pengukur Ketinggian Level Air Otomatis Sederhana

6896 views

rangkaian-pengukur-ketinggian-level-air-otomatis-sederhana

Rangkaian Pengukur Ketinggian Level Air Otomatis Sederhana – Dewasa ini ada banyak sekali jenis rangkaian elektronika yang dapat digunakan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Sebut saja rangkaian alarm rumah otomatis, rangkaian lampu taman otomatis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan memberikan sedikit info mengenai rangkaian pengukur ketinggian atau level air otomatis, yang tentunya sangat bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dengan rangkaian tersebut, kita tak perlu lagi repot-repot menyalakan dan mematikan saklar pompa air.

Cukup setting sesuai kebutuhan, secara otomatis pompa air akan menyala dan mengisi air saat tandon atau kolam kosong. Sebaliknya saat tandon ataupun kolam sudah penuh, secara otomatis pompa air akan mati, dan pengisian air pun akan dihentikan. Tentunya anda sudah penasaran bukan dengan rangkaiannya?

Rangkaian Level Air Otomatis

Sekedar informasi saja bahwa rangkaian kontrol air otomatis ini sangatlah sederhana. Komponen yang diperlukan tak terlalu banyak, hanya gerbang logika dasar berjenis CMOS dan beberapa komponen elektronika lainnya. Rangkaian ini berjalan dengan menggunakan arus searah alias arus DC dengan tegangan 12 volt. Berikut detail rangkaiannya.

skema-rangkaian-kontrol-level-air-otomatis-sederhana

Itulah tadi skema rangkaian pengukur ketinggian level air otomatis. Dilihat dari skema tersebut, nampak dua buah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi kondisi air habis dan kondisi air penuh. Dalam rangkaian tersebut juga digunakan sebuah relay 12 volt yang digerakkan oleh sebuah transistor jenis BC 338.

Semua komponen yang diperlukan untuk membuat skema rangkaian kontrol level tandon air tersebut bisa didapatkan di toko-toko komponen elektronika sekitar rumah anda dengan harga yang cukup terjangkau. Estimasi biaya yang diperkukan untuk merealisasikan rangkaian tersebut tak lebih dari seratus ribu rupiah.

Baca juga : Rangkaian Buka Tutup Pintu Otomatis

Selain itu skema rangkaian ini sangat cocok dan banyak digunakan untuk keperluan tugas akhir maupun skripsi karena cukup sederhana dan bermanfaat. Anda juga bisa memodifikasi rangkaian tersebut seperti menambahkan lampu indikator atau alarm tertentu jika relay dalam keadaan on atau off.

Jika anda menganggap rangkaian pengukur ketinggilan level air otomatis sederhana ini bermanfaat, tak perlu ragu untuk membagikannya ke teman atau kerabat anda. Tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah ini jika ada pertanyaan seputar rangkaian. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • rangkaian level air sederhana
  • rangkaian sensor ketinggian air
  • sensor ketinggian air sederhana
  • buat sensor level air
  • rangkaian pendeteksi level air
  • sensor level air sederhana
  • rangkaian ketinggian air
  • rangkaian deteksi air
  • skema water level control
  • cara sederhana membuat pengukur ketinggian air
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.