Rangkaian Power Bank Sederhana dan Otomatis Lengkap

39724 views

rangkaian power bank lengkapRangkaian Power Bank Sederhana dan Otomatis Lengkap - Dewasa ini hampir semua manusia di dunia tak pernah lepas dari gadget seperti smartphone ataupun tablet PC. Kemanapun mereka berada selalu membawa smartphone dengan alasan sebagai sarana komunikasi jarak jauh.

Namun dibalik itu semua, smartphone memiliki daya tahan yang sangat terbatas. Pada umumnya sebuah smartphone mampu bertahan kurang dari 24 jam. Oleh karena jika kita hendak membawa smartphone perjalanan jauh, harus siap baterai cadangan ataupun power bank.

Buat anda yang belum tahu apa itu power bank, alat ini merupakan pengisi daya baterai smartphone dan gadget lainnya yang memiliki bentuk portable dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Alat ini biasanya digunakan saat situasi mendesak untuk mengcharge HP ataupun perangkat lainnya.

Rangkaian Power Bank

Sebenarnya saat ini banyak sekali perusahaan teknologi yang membuat power bank dan dijual kepada masyarakat. Namun sebagian orang masih merasa belum puas karena kualitasnya yang kurang baik. Banyak power bank yang beredar di pasaran berlabel 10.000 mAh yang ternyata palsu. Power bank tersebut tidak mampu digunakan mengcharge HP sampai penuh.

Tak heran jika saat ini banyak orang yang ingin membuat power bank sendiri dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar. Nah, pada kesempatan yang baik ini belajarelektronika.net juga akan berbagi informasi mengenai rangkaian elektronika power bank yang bisa anda coba terapkan.

Dengan rangkaian tersebut, anda bisa membuat power bank sendiri di rumah. Tentunya dengan biaya yang lebih murah dibanding dengan power bank asli, namun kualitasnya bisa diadu. Buat anda yang penasaran dan ingin tahu informasi lengkapnya, silahkan simak baik-baik ulasan belajarelektronika.net berikut ini.

Berikut ini adalah gambar skema rangkaian power bank sederhana:rangkaian power bank

Berikut ini adalah skema / layout PCB power bank sederhana:skema pcb power bank

Penjelasan:

Rangkaian power bank sederhana ini terdiri rangkaian elektronika berbasis IC Regulator LM7805 dengan output tegangan sebesar 5 volt. Pemilihan tegangan output 5 volt tersebut bukan tanpa alasan. Karena dalam proses pengisian daya baterai dibutuhkan tegangan yang lebih tinggi dari tegangan yang diisi.

Daftar Komponen:

  • BT1 : battery dengan output 7.4 Volt
  • C2 : kapasitor 1000uF/16V
  • C3 : kapasitor 470uF/16V
  • R1 : resistor 150 ohm
  • D1 : lampu LED
  • U1 : IC LM 7805

Perlu diperhatikan dalam merakit komponen power bank, anda harus rakit serapih mungkin agar tampilannya menarik. Bila perlu, anda buat sebuah wadah tersendiri agar terlihat bagus. Untuk outputnya anda bisa gunakan kepala USB female dan untuk menghubungkannya ke HP atau perangkat lain bisa menggunakan kabel USB.

Berikut adalah beberapa kelebihan rangkaian power bank sederhana ini:

  1. Baterai yang digunakan dalam power bank ini bisa diisi ulang dengan power supply atau adaptor bertegangan 10 volt
  2. Rangkaian elektronika power bank ini sudah disertai dengan lampu indikator LED untuk mengetahui proses pengisian yang sedang berjalan ataupun untuk mengetahui apakah daya baterai masih ada atau tidak
  3. Saat mengisi baterai power bank, rangkaian masih bisa digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel

Demikian informasi mengenai rangkaian power bank sederhana dan otomatis lengkap. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat juga inspirasi bagi para pembaca setia belajarelektronika.net semuanya. Sampai jumpa dan jangan lupa baca artikel menarik lain seputar judul skripsi elektronika.

Incoming search terms:

  • cara membuat charger hp otomatis
  • rangkaian power bank
  • rangkaian power bank dengan led indikator
  • rangkaian power bank otomatis
  • rangkaian power bank asli
  • cara membuat power bank yang bisa di charge
  • skema power bank otomatis
  • cara buat power bank yang bisa di cas
  • skema power bank
  • rangkaian charger hp otomatis

Leave a reply "Rangkaian Power Bank Sederhana dan Otomatis Lengkap"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.