Rangkaian Power Supply dengan IC 7812 dan Transistor 2N3055

1023 views

Rangkaian Power Supply dengan IC 7812 dan Transistor 2N3055 – Pada kesempatan sebelum-sebelumnya belajarelektronika.net sudah banyak membahas materi mengenai power supply, mulai dari definisi atau pengertian power supply, fungsi dari power supply, sampai dengan skema rangkaian power supply dengan berbagai model.

Seperti yang kita tahu bahwa ada dua jenis power supply, yang pertama power supply tetap dan yang kedua power supply dengan switching. Power supply tetap hanya bisa mengeluarkan tegangan listrik dengan nilai tetap. Sedangkan power supply dengan switching bisa mengeluarkan tegangan listrik dengan nilai yang bisa diubah-ubah.

Nah, pada kesempatan yang sangat baik ini belajarelektronika.net akan kembali membahas materi mengenai rangkaian power supply, namun kali ini power supply yang sangat sederhana menggunakan IC jenis 7812 dan juga transistor 2N3055. Seperti apa rangkaiannya? Langsung saja simak baik-baik ulasan berikut ini.

Power Supply 7812 dan 2N3055

Sebelum masuk ke skema rangkaiannya, perlu anda ketahui bahwa IC 7812 memiliki bentuk fisik yang sama seperti IC TIP 31, IC TIP 32, IC TIP 41, ataupun IC TIP 42. Selain itu IC 7812 juga termasuk salah satu IC stabilizer terintegrasi yang sangat simpel dan bisa langsung digunakan tanpa memerlukan pengaturan tambahan.

Oleh sebab itu IC 7812 sangat cocok diaplikasikan pada rangkaian ini. Dan untuk mendukung IC tersebut hanya bisa mengeluarkan arus sebesar 1 ampere saja, maka diperlukan komponen pendukung. Komponen pendukung yang digunakan kali ini adalah transistor jengkol jenis 2N3055.

Baca juga : Cara Memperbaiki Power Supply Rusak

Agar bisa berjalan dengan maksimal, IC 7812 harus mendapat supplay tegangan 15 volt. Oleh sebab itu digunakanlah transformator atau trafo sebesar 3 atau 5 ampere. Selain itu diperlukan juga komponen pendukung berupa elco 4700uf / 25V dan 2200uf / 25V. Daripada penasaran langsung saja simak skema rangkaian berikut ini.

Oh iya, selain itu juga digunakan kapasitor 100nf yang digunakan untuk membuang frekuensi tinggi sehingga output yang dikeluarkan benar-benar bersih tanpa ada distorsi. Untuk daftar komponen apa saja yang digunakan bisa langsung anda lihat pada gambar skema di atas.

Demikianlah informasi mengenai skema rangkaian power supply dengan IC 7812 dan transistor 2N3055. Semoga informasi yang kami bagikan tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua, terutama yang sedang mencari skema power supply sederhana yang mudah dibuat oleh para pemula.

Incoming search terms:

  • cara merangkai led kedip
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.