Rangkaian Power Supply Sederhana dengan Switching

7260 views

power supply sederhanaRangkaian Power Supply Sederhana dengan Switching - Power supply atau yang juga dikenal dengan sebutan catu daya adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyediakan energi listrik untuk perangkat-perangkat elektronika seperti komputer, televisi, dan lain sebegainya. Power supply juga biasa dikenal dengan nama adaptor.

Prinsip kerja dari power supply ini terbilang sangat sederhana. Input yang diterima oleh rangkaian power supply berupa arus AC yang kemudian diturunkan tegangannya melalui komponen transformator. Setelah arus AC tersebut turun menjadi nilai tertentu, komponen dioda yang bertugas menyearahkan arus AC menjadi DC.

Nah, arus DC tersebutlah yang menjadi keluaran dari power supply yang nantinya dialirkan langsung menuju prangkat-perangkat elektronika sehingga dapat difungsikan sebagaimana mustinya. Power supply sendiri memiliki banyak sekali jenis, mulai dari power supply DC power, AC power, switching mode, programmable, sampai dengan high voltage.

Rangkaian Power Supply

Masing-masing power supply tersebut memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing. Misal power supply yang ada di perangkat komputer merupakan power supply AC to DC. Arus yang masuk ke dalam power supply komputer adalah arus AC yang kemudian diturunkan dan dikonversi menjadi arus DC dan dibagi-bagikan ke setiap komponen komputer.

Nah, pada kesempatan yang baik ini, belajarelektronika.net akan berbagi informasi mengenai rangkaian power supply sederhana dengan switch. Rangkaian yang satu ini sangat simpel dan pastinya mudah untuk dibuat, termasuk bagi para pemula sekalipun. Rangkaian yang satu ini hampir sama dengan rangkaian power supply CT dan sejenisnya.

Oke tak usah berbasa-basi lagi, langsung saja berikut ini adalah gambar skema rangkaian power supply sederhana dengan switching yang bisa anda coba buat sendiri di rumah menggunakan komponen-komponen elektronika sederhana yang dapat didapatkan dengan mudah di toko-toko komponen.

rangkaian power supply switching

Jika anda menginginkan output yang berbeda-beda misalnya power supply dengan output 5 volt, 12 volt, ataupun 24 volt bisa mengatur tegangan keluaran di transformator atau mengganti transistor yang digunakan pada rangkaian power supply. Sangat mudah bukan?

Demikian informasi singkat mengenai rangkaian power supply sederhana dengan switching. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa baca informasi menarik lainnya seputar rangkaian flip flop sederhana.

Incoming search terms:

  • rangkaian power supply switching
  • skema power supply switching
  • rangkaian power supply
  • rangkaian power supply switching sederhana
  • skema power supply switching sederhana
  • skema rangkaian power supply switching
  • rangkaian switching power supply sederhana
  • rangkaian switching
  • skema power supply
  • skema switching

Leave a reply "Rangkaian Power Supply Sederhana dengan Switching"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.