Rangkaian PWM (Pulse Width Modulation) Motor DC IC 555

7829 views

Rangkaian PWM (Pulse Width Modulation) Motor DC IC 555 – Seperti yang kita ketahui bahwa sebuah motor DC terdiri dari tubuh stasioner motor  atau yang juga biasa disebut dengan “stator”, serta bagian dalam yang berputar atau yang juga dikenal dengan nama “rotor”. Pada sebuah motor DC kecil, statornya terdiri dari sepasang magnet permanen tetap.

Untuk mesin DC rotor umumnya disebut dengan “armature”. Motor armature terdiri dari kumparan listrik individu yang terhubung bersama-sama dalam konfigurasi melingkar di sekitar tubuh logamnya. Arus yang mengalir dalam kumparan rotor menghasilkan medan elektromagnetik.

Kekuatan yang diterapkan pada motor DC dapat dikontrol dengan cara memvariasikan lebar pulsa, dan dengan demikian bervariasi rata-rata tegangan searah atau DC yang diberikan pada motor terminal. Dengan mengubah atau modulasi waktu pulsa, kecepatan motor dapat dikontrol atau dikendalikan dengan mudah.

Rangkaian PWM Motor DC dengan IC 555

Semakin lama “ON”, maka semakin cepat motor akan berputar. Sebaliknya, semakin pendek pulsa “ON”, maka motor akan berputar dengan lebih lambat.  Dengan kata lain, semakin kuat fluks magnetik dalam gulungan armature, lebih cepat pula motor akan berputar. Untuk info lebih jelasnya bisa anda lihat gambar di bawah ini.

Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana kita bisa menghasilkan sinyal modulasi lebar pulsa untuk mengontrol motor? Mudah saja, yakni dengan menggunakan IC 555 Oscillator. Jika anda ingin tahu bagaimana skema rangkaiannya, silahkan simak baik-baik gambar skema rangkaian yang kami bagikan berikut ini.

Rangkaian sederhana yang ada di atas, menggunakan IC NE555  atau bisa juga IC 7555 timer. IC tersebut digunakan untuk menghasilkan lebar pulsa modulasi sinyal yang diperlukan pada output frekuensi tetap. Semua komponen yang diperlukan untuk membuat rangkaian tersebut bisa ditemukan dengan mudah di toko komponen.

Semoga informasi singkat mengenai skema rangkaian PWM (Pulse Width Modulation) menggunakan IC 555. Semoga informasi tadi bisa memberikan manfaat serta tambahan wawasan bagi para pembaca semua, utamanya yang hobi dengan dunia elektronika dan kelistrikan. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • gambar rangkaian pulse width modulation
  • rangkaian pwm dengan ic 555
  • skema pwm ne555
  • cara membuat pwm motor dc
  • ic ne555 sebagai pwm
  • rangkaian pwm motor
  • skema pwm ic 555
  • skema pwm untuk m
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.