Rangkaian R L C Seri dan Paralel

16381 views

rangkaian rlcRangkaian R L C Seri dan Paralel - Rangkaian RLC adalah rangkaian elektronika yang didalamnya terdapat tiga buah komponen, yakni resistor, induktor, dan kapasitor. Rangkaian tersebut bisa dihubungkan dalam bentuk seri maupun paralel sesuai kebutuhan dari si pembuat rangkaian itu sendiri.

Penamaan rangkaian RLC ini bukan tanpa alasan, karena nama RLC menjadi sebuah simbol listrik untuk ketahanan, induktansi, serta kapasitansi. Pada kesempatan kali ini belajarelektronika akan membahas lebih lanjut terkait rangkaian RLC beserta dengan jenis-jenisnya. Oleh karena itu bagi anda yang penasaran dengan informasi lengkapnya, simak baik-baik ulasan belajarelektronika.net berikut ini.

Rangkaian R L C

Rangkaian RLC dapat membentuk sebuah sistem persamaan diferensial orde kedua atau bisa juga dua persamaan diferensial orde pertama, dimana persamaan diferensial tersebut diselesaikan secara simultan. Berikut adalah rumus frekwensi resonansi dari rangkaian RLC yang harus anda ketahui.

rumus rlc

Dalam rangkaian RLC, kita mengenal dua jenis bagiannya yakni rangkaian RLC seri dan rangkaian RLC paralel. Perbedaan dari kedua rangkaian tersebut tentunya terletak pada penyusunan komponen resistor, induktor, dan kapasitornya, dimana yang satu dipasang secara seri, dan yang satunya lagi dipasang secara paralel.

Perbedaan model pemasangan tersebut bukan tanpa maksud. Terdapat beberapa perbedaan hasil yang ditampilkan oleh kedua rangkaian tersebut. Berikut ini adalah penjabaran lebih lanjut mengenai rangkaian RLC seri dan rangkaian RLC paralel secara lebih lengkap.

Rangkaian RLC Seri

rangkaian rlc seri

Rangkaian seri RLC adalah rangkaian elektronika yang tersusun atas resistor, induktor, dan kapasitor yang dihubungkan secara seri, dengan sumber tegangan bolak-balik atau tegangan AC. Pada rangkaian RLC seri, hambatan arus tegangan sefase, induktor tegangan mendahului arus, serta kapasitor tagangan didahului arus.

Rangkaian RLC Paralel

rangkaian rlc paralel

Rangkaian seri RLC adalah rangkaian elektronika yang tersusun atas resistor, induktor, dan kapasitor yang dihubungkan secara paralel, dengan sumber tegangan bolak-balik atau tegangan AC. Pada rangkaian RLC paralel, terjadi pembagian arus listrik dari sumber menjadi tiga, yakni mengarah ke resistor, induktor, dan kapasitor.

Demikian sedikit informasi mengenai rangkaian RLC seri dan paralel. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi semua, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di ulasan yang akan datang, dan bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • rangkaian rlc seri dan paralel
  • rangkaian rlc
  • rangkaian RLC paralel
  • rangkaian listrik paralel
  • rangkaian rlc pdf
  • rumus rlc paralel
  • rumus rlc
  • teori rangkaian rlc
  • pengertian rlc
  • rangkaian seri rlc pada arus bolak balik

Leave a reply "Rangkaian R L C Seri dan Paralel"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.