Rangkaian Resistor (Seri, Paralel, dan Campuran)

2518 views

rangkaian resistor seri paralel campuranRangkaian Resistor (Seri, Paralel, dan Campuran) - Pada kesempatan sebelumnya Belajar Elektronika telah banyak membahas mengenai komponen elektronika resistor, mulai dari pengertian, fungsi, sampai dengan macam-macamnya. Dan pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan pembahasan mengenai rangkaian resistor.

Secara umum ada tiga jenis rangkaian resistor, yakni rangkaian seri, paralel, dan juga campuran. Rangkaian resistor seri adalah kumpulan dua resistor atau lebih yang disusun secara seri sehingga menghasilkan nilai tertentu. Begitu juga rangkaian resistor paralel. Bedanya hanya pada penyusunnannya yang dilakukan secara paralel.

Sedangkan rangkaian resistor campuran adalah kumpulan beberapa resistor yang disusun secara seri dan paralel sehingga menghasilkan nilai tertentu. Masing-masing rangkaian resistor baik itu seri, paralel, ataupun campuran punya rumus masing-masing. Berikut ulasan detail mengenai ketiga rangkaian tersebut.

Rangkaian Resistor Seri

Rangkaian resistor seri adalah sekumpulan resistor yang disusun secara berderet atau berurutan. Jadi kaki resistor satu terhubung dengan kaki resistor yang lainnya. Nilai hambatan dari rangkaian resistor seri bisa ditentukan dari banyaknya atau jumlah resistor yang dirangka. Berikut skemanya.

rangkaian resistor seri

Total nilai dari beberapa resistor yang dirangkai secara seri tersebut dapat dilambangkan dengan "Rs". Sedangkan nilai hambatan pada resistor paling akhir di sebuah rangkaian dilambangkan dengan "Rn". Berikut adalah rumus cara menghitung nilai resistansi resistor yang dirangkaian secara seri.

rumus rangkaian resistor seri

Rangkaian Resistor Paralel

Rangkaian resistor paralel adalah sekumpulan resistor yang disusun secara berjajar. Jadi dua kaki resistor satu terhubung dengan dua kaki resistor yang lainnya. Nilai hambatan dari rangkaian resistor seri bisa ditentukan dari banyaknya atau jumlah resistor yang dirangkai. Berikut skemanya.

rangkaian resistor paralel

Total nilai dari beberapa resistor yang dirangkai secara paralel tersebut dapat dilambangkan dengan "Rp". Sedangkan nilai hambatan pada resistor paling akhir di sebuah rangkaian dilambangkan dengan "Rn". Berikut adalah rumus cara menghitung nilai resistansi resistor yang dirangkaian secara paralel.

rumus rangkaian resistor paralel

Baca juga : Pengertian, Fungsi, dan Macam-macam Resistor

Rangkaian Resistor Campuran

Rangkaian resistor campuran adalah sekumpulan resistor yang disusun secara berderet dan juga berjajar. Jadi rangkaian resistor campuran merupakan gabungan antara rangkaian resistor seri dan paralel. Nilai hambatan dari rangkaian campuran seri bisa ditentukan dari banyaknya atau jumlah resistor yang dirangkai berdasarkan perhitungan yang telah disebutkan tadi.

rangkaian campuran

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan terkait rangkaian resistor seri, paralel, dan campuran. Semoga artikel tadi dapat membantu anda dalam mempelajari elektronika utamanya rangkaian resistor. Sampai jumpa lagi di artikel lainnya, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda.

Incoming search terms:

  • rumus rangkaian seri paralel dan campuran
  • rangkaian resistor campuran
  • resistor campuran
  • rumus Resistor campuran
  • rangkaian campuran resistor
  • rangkaian seri paralel dan campuran
  • rumus rangkaian campuran
  • rangkaian campuran
  • beberapa resistor yang disusun secara seri akan menghasilkan
  • cara menghitung rangkaian seri paralel dan campuran

Leave a reply "Rangkaian Resistor (Seri, Paralel, dan Campuran)"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.