Rangkaian Sensor Parkir Mobil Mundur Otomatis

10029 views

rangkaian sensor parkir mobil mundur otomatisRangkaian Sensor Parkir Mobil Mundur Otomatis - Bagi orang yang baru belajar mengendarai mobil, parkir merupakan salah satu bagian tersulit. Pasalnya saat parkir mundur, pengemudi harus jeli dan cermat dalam memperkirakan posisi mobil terhadap ruang parkir hanya dengan melihat kaca spion.

Hal tersebut mungkin akan sedikit teratasi apabila dibantu oleh tukang parkir. Namun bagaimana jika suatu saat anda menemukan tempat parkir yang sempit dan tidak ada tukang parkir? Pastinya anda akan merasa sangat kesulitan. Tenang saja, karena anda bisa membuat sebuah rangkaian elektronik yang dapat membantu anda dalam memparkir mobil dengan mundur.

Rangkaian Sensor Parkir Mobil Mundur

Prinsip kerja dari rangkaian ini sebenarnya sangat sederhana. Sensor hanya bertugas mendeteksi jarak antara bemper belakang dengan dinding ataupun benda-benda yang menghalanginya. Saat jarak terlalu dekat, maka sensor akan mengeluarkan pemberitahuan agar bemper belakang mobil tidak menabrak tembok dan menyebabkan kerusakan.

Rangkaian sensor parkir mobil yang satu ini terdiri dari dua bagian, yakni bagian pemancar atau transmitter dan bagian penerima atau receiver. Berikut adalah skema rangkaian sensor parkir mobil lengkap yang bisa anda jadikan referensi untuk membuat sensor parkir mobil sederhana sendiri.

Skema Rangkaian Transmitter (Pemancar)

skema rangkaian sensor parkir mobil muncur pemancar

Skema Rangkaian Receiver (Penerima)

skema rangkaian sensor parkir mobil mundur penerima

Output dari rangkaian ini berupa 3 buah LED. Saat bemper mobil dan tembok berada jarak 30 cm, maka 1 buah LED akan menyala. Saat bemper mobil dan tembok berada jarak 25 cm, maka 2 buah LED akan menyala. Dan pada saat bemper mobil dan tembok berada jarak 20 cm, maka 3 buah LED akan menyala, dan pengemudi harus menghentikan mobilnya.

Baca juga : Rangkaian Alarm Sensor Gerak

Dengan begitu benturan mobil dan tembok tidak akan terjadi. Oh iya, kedua rangkaian tersebut menggunakan tegangan DC sebesar 12 volt. Anda bisa mengambilnya dari aki mobil atau membuat rangkaian power supply sendiri. Yang pasti dalam rangkaian tersebut menggunakan beberapa IC yang mudah dicari di toko komponen elektronika sekitar anda.

Demikian sedikit informasi mengenai rangkaian sensor parkir mobil mundur otomatis. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi, khususnya bagi pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa, dan jangan lupa bagikan artikel menarik ini ke teman-teman anda.

Incoming search terms:

  • rangkaian sensor parkir mobil
  • rangkaian sensor parkir
  • membuat sensor parkir sederhana
  • cara membuat sensor parkir mobil
  • ngrakit power soundsystem
  • rangkaian sensor mundur mobil
  • cara membuat sensor mobil
  • cara memperbaiki sensor parkir mobil
  • cara membuat sensor parkir
  • buat sensor parkir

Leave a reply "Rangkaian Sensor Parkir Mobil Mundur Otomatis"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.