Rangkaian Sirine Mobil Polisi / Patwal / Ambulan

1199 views

Rangkaian Sirine Mobil Polisi / Patwal / Ambulan – Tentunya anda semua pernah mendengar suara sirine baik sirine mobil polisi, sirine ambulan, sirine patwal, sirine pemadam kebakaran, sirine motor touring, dan masih banyak lagi yang lain. Tapi pernahkah anda berfikir bagaimana cara membuat sirine tersebut?

Memang kita bisa membeli sirine siap pakai di toko-toko elektronik. Ada sirine model 3 suara, sirine 6 suara, dan sirine 9 suara. Jadi satu sirine tersebut dapat mengelurkan bermacam-macam jenis suara mulai dari wiuw wiuw, telolet, tot tot tot, dan beberapa jenis suara sirine lainnya. Harganya pun sangat beragam tergantung fitur yang ditawarkan.

Namun tak ada salahnya apabila kita mencoba membuat sirine sendiri menggunakan beberapa komponen elektronika sederhana yang bisa dengan mudah kita jumpai di pasaran. Hitung-titung lebih hemat biaya dibanding beli sirine siap jadi, sekaligus untuk mengasah skill kita dalam menjadi seorang teknisi elektronika.

Rangkaian Sirine Mobil Polisi

Sebenarnya untuk membuat sirine polisi atau sirine yang lain tidaklah sulit karena rangkaiannya simpel dan tidak membutuhkan banyak komponen. Rangkaian sirine mobil polisi yang akan kami share ini menggunakan tegangan DC 3 volt, 6 volt, atau 9 volt yang bisa langsung diperoleh dari baterai maupun accu motor atau mobil.

Rangkaian sirine mobil polisi ini menggunakan dua buah transistor. Transistor yang pertama adalah transistor jenis 2N3904 dan transistor jenis TIP30C. Sedangkan untuk outputnya menggunakan speaker 8 ohm. Oke langsung saja berikut gambar skema rangkaiannya lengkap dengan daftar komponen yang dibutuhkan.

Baca juga : Skema Rangkaian Lampu Strobo Polisi

Daftar Komponen yang Diperlukan :

  • 1 buah transistor 2N3904
  • 1 buah transistor TIP30C
  • 2 buah resistor 51k ohm
  • 2 buah resistor 1,5k ohm
  • 1 buah kapasitor 0,1 mf 25 volt
  • 1 buah kapasitor 47 mf 25 volt
  • 1 buah speaker 8 ohm

Nah, itulah tadi info lengkap mengenai skema rangkaian sirine mobil polisi / ambulan / patwal dan lain-lain yang bisa dibuat dengan menggunakan komponen elektronika sederhana. Anda bisa memodifikasi rangkaian maupun komponen tersebut untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan baik dari segi volume maupun jenis suara. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • rangkaian sirine polisi patwal
  • cara membuat sirine patwal 9 suara
  • skema serine pol
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.