Rangkaian Snubber (Proteksi Tegangan Induktif) Sederhana

1656 views

Rangkaian Snubber (Proteksi Tegangan Induktif) Sederhana – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa rangkaian elektronika yang menggunakan beban induktif seperti relay ataupun motor DC dapat menimbulkan lonjakan tegangan. Lonjakan tegangan tersebut berasal dari proses induksi beban induktor tersebut.

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa lonjakan tegangan yang tinggi dapat mengganggu kinerja rangkaian yang lain. Proses terjadinya lonjakan tegangan induksi terjadi pada saat beban induktor pertama kali diberikan tegangan atau saat saklar di ON kan, dan juga pada saat beban induktor diputus tegangannya atau saklar di OFF kan.

Oleh sebab itu diperlukan sebuah rangakain proteksi tegangan induktif, atau yang juga biasa disebut dengan rangkaian snubber. Rangkaian snubber tersebut sangat berguna untuk memproteksi induktor agar tidak mengganggu rangkaian lainnya. Berikut akan kita ulas secara gamblang terkait rangkaian snubber.

Rangkaian Snubber

Seperti yang telah dikatakan tadi, rangkaian snubber adalah rangkaian pengaman alat elektronika terhadap beban induksi seperti motor DC dan juga relay. Rangkaian snubber dapat dibuat menggunakan komponen-komponen elektronika sederhana seperti dioda dan kapasitor. Berikut beberapa maca skema rangkaian snubber sederhana.

Baca juga : Rangkaian Lampu Jalan Otomatis dengan Timer

Nah, itulah tadi beberapa contoh rangkaian snubber menggunakan beberapa macam komponen elektronika dasar seperti dioda dan kapasitor. Rangkaian ini sangat berguna untuk melindungi komponen-komponen elektronika yang mudah rusak seperti komponen transistor dan juga komponen IC akibat lonjakan tegangan saat saklar di ON maupun di OFF kan.

Dari skema rangkaian snubber tadi bisa dilihat bahwa pada saat saklar di ON kan, maka dioda akan mendapat bias mundur. Sebaliknya pada saat saklar di OFF kan, dioda akan mendapatkan bias maju sehingga tegangan induktif akan mengalir ke induktor. Metode pengaman menggunakan dioda ini punya kelemahan yakni terjadi delay arus pada beban.

Semoga informasi singkat mengenai rangkaian snubber (proteksi tegangan induktif) ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua, khususnya yang ingin membuat proteksi agar komponen-komponen dalam rangkaian aman. Jangan lupa share dan tunggu info menarik seputar elektronika dan kelistrikan berikutnya hanya di situs belajarelektronika.net.

Incoming search terms:

  • macam macam rangkaian snubber
  • rangkaian snubber
  • macam macam rangkaian snubber dan cara kerjanya
  • kegunaan rangkaian snubber
  • fast dioda tidak perlu di snubber lh
  • kapasitor snubber
  • skema snubber
  • rangkaian c snuber
  • rangkaian elektonika yg bisa di pakai di motor
  • rangkaian proteksi dengan dioda
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.