Skema Rangkaian Speaker Protektor Stereo Sederhana

1817 views

Skema Rangkaian Speaker Protektor Stereo Sederhana – Masih seputar audio dan sound system, pada kesempatan yang sangat baik ini belajarelektronika.net akan berbagi info mengenai skema rangkaian speaker protektor yang cukup sederhana dan mudah dibuat termasuk oleh pemula sekalipun.

Bagi anda yang belum tahu, rangkaian speaker protektor adalah rangkaian elektronika yang digunakan untuk melindungi load speaker dari lonjakan tegangan pada output power amplifier. Tujuannya adalah pada saat speaker pertama kali dihidupkan, tegangan power OCL tidak tersalurkan ke speaker.

Prinsip kerja speaker protektor sebenarnya cuup sederhana, yakni dengan menunda waktu interkoneksi antar speaker dengan power amplifier. Speaker protektor berkualitas baik selain dapat menunda waktu terhubungnya speaker, juga harus bisa memutus sinyal DC pada output power amplifier dengan cepat.

Rangkaian Speaker Protektor Stereo

Tak sedikit teknisi elektronika yang menganggap bahwa membuat speaker protektor adalah perkara yang sulit. Padahal sebenarnya tidak demikian karena kita bisa membuat speaker protektor baik mono maupun stereo dari skema rangkaian yang sederhana. Komponen yang dibutuhkan juga tidak banyak dan murah.

Nah, kami kira cukup basa-basinya. Berikut langsung kami bagikan gambar skema rangkaian speaker protektor sederhana yang bisa anda coba buat sendiri di rumah. Skema rangkaian yang kami bagikan berikut adalah skema rangkaian speaker protektor stereo. Jika anda ingin yang mono, bisa langsung melakukan modifikasi singkat dengan mengurangi beberapa komponen yang ada.

Baca juga : Cara Merakit Speaker Aktif + Subwoofer

Bagaimana cukup simpel dan mudah dipahami bukan? Semua daftar komponen yang diperlukan untuk membuat speaker protektor tadi sudah tertera pada gambar skema yang kami bagikan tadi. Dari rangkaian tadi bisa kita lihat beberapa transistor dan komponen-komponen pendukungan lainnya. Anda bisa membeli semua komponen tadi di toko komponen elektro baik online ataupun offline.

Sekian dulu info singkat mengenai skema rangkaian speaker protektor stereo sederhana. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi para pembaca semua di manapun anda berada. Nantikan update info keren lain seputar elektronika dan kelistrikan hanya di situs belajareletronika.net. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • speaker protektor sederhana
  • skema speaker protektor
  • skema protektor speaker
  • skema rangkaian protektor speaker sederhana
  • skema speaker protector mono
  • layout speaker protektor sederhana
  • gambar protektor streo
  • cara merakit speaker protector se
  • cara merakit protektor speaker
  • cara bikin speaker protector
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.