Rangkaian Subwoofer Aktif Polytron Mini

35676 views

rangkaian subwoofer aktif polytron miniRangkaian Subwoofer Aktif Polytron Mini - Pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi mengenai rangkaian subwoofer aktif mini sederhana. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa merk subwoofer sangat bermacam-macam, mulai dari Simbadda sampai dengan Polytron.

Buat anda yang belum tahu apa itu subwoofer, akan kami jelaskan secara singkat. Subwoofer adalah suatu alat yang digunakan untuk menguatkan nada bass. Pada speaker aktif biasanya kita menemukan sebuah benda kotak yang mengeluarkan dentuman bass menggelegar, nah alat itulah yang disebut dengan subwoofer.

Walaupun di toko-toko elektronik kita bisa membeli subwoofer yang sudah siap pakai, namun ada baiknya kita membuatnya sendiri. Selain dapat menambah skill elektronika yang kita miliki, membuat subwoofer sendiri juga lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan kita membeli subwoofer siap pakai.

Rangkaian Subwoofer

Sebenarnya untuk membuat sebuah subwoofer tidaklah sulit. Semua komponen elektronika penyusun subwoofer juga bisa didapatkan di toko-toko komponen elektronika yang ada di sekitar rumah anda. Berikut adalah skema rangkaian subwoofer aktif mini sederhana seperti yang ada pada subwoofer Polytron.

skema rangkaian subwoofer

Semua bahan atau komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah subwoofer mini bisa anda lihat pada skema rangkaian di atas. Perlu diketahui bahwa rangkaian ini menggunakan IC LM3886 yang memiliki daya output 68 watt RMS pada beban 8 ohm. Itu artinya subwoofer ini merupakan kategori kelas menengah yang cocok digunakan di dalam ruangan sebagai pelengkap home theater.

Rangkaian subwoofer Polytron sederhana ini terdiri dari dua bagian, yakni bagian filter yang memiliki fungsi sebagai penyaring nada bass serta meredam frekwensi tinggi. Sedangkan bagian kedua adalah amplifier yang berfungsi sebagai penguat sinyal hasil filter. Selain itu dalam rangkaian ini juga digunakan IC NE5532 yang sudah memiliki dua op-amp yang bekerja secara independen.

Prinsip kerja dari rangkaian subwoofer ini juga sangat sederhana. Mula-mula sinyal masuk dan diolah oleh rangkaian low pas filter (LPF). Rangkaian tersebut akan menyaring nada dengan frekwensi tinggi dan meloloskan nada bass. Setelah itu nada bass dikuatkan oleh rangkaian amplifier sehingga terdengar dentuman bass yang mantap saat digunakan di dalam ruangan.

Demikian sedikit informasi mengenai rangkaian subwoofer aktif Polytron mini. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca setia belajarelektronika.net di manapun anda berada. Sampai jumpa di artikel yang tak kalah menarik selanjutnya.

Incoming search terms:

  • rangkaian subwoofer polytron
  • rangkaian subwoofer mini
  • skema box subwoofer polytron
  • rangkaian subwoofer
  • skema rangkaian subwoofer polytron
  • cara membuat subwoofer mini
  • skema subwoofer polytron
  • merakit subwoofer mini
  • cara merakit speaker aktif full bass
  • skema subwoofer mini

Leave a reply "Rangkaian Subwoofer Aktif Polytron Mini"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.