Rangkaian Timer Otomatis Menggunakan IC 555

9161 views

rangkaian timer sederhana ic 555Rangkaian Timer Otomatis Menggunakan IC 555 - Rangkaian timer termasuk salah satu rangkaian elektronika sederhana yang sangat cocok dipraktekkan para pemula. Rangkaian ini tak memerlukan banyak komponen, dan biaya produksinya juga sangat terjangkau, tak lebih dari 20 ribu rupiah.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa rangkaian timer ini dapat digunakan untuk mengatur mati nyalanya (on off) tegangan secara otomatis dalam waktu tertentu. Misalnya timer 10 menit akan membuat tegangan mengalir selama 10 menit setelah itu tegangan akan mati. Rangkaian timer juga dapat dimodifikasi sesuai keinginan.

Jika anda menginginkan rangkaian timer yang menyala dalam 5 menit, anda bisa memodifikasi sedikit komponen yang ada pada rangkaian. Rangkaian timer yang kami bagikan kali ini adalah rangkaian timer 10 menit. Bagi anda yang ingin tahu informasi lengkapnya, simak ulasan belajarelektronika.net berikut ini.

Rangkaian Timer Otomatis

skema rangkaian timer otomatis

Nah, itulah tadi skema rangkaian timer otomatis menggunakan IC 555. Semua daftar komponen yang diperlukan bisa anda lihat pada gambar skema tersebut. Beberapa komponen yang diperlukan diantaranya adalah kapasitor, resistor, LED, IC 555, dan juga saklar. Semua komponen tersebut dapat ditemukan dengan mudah di penjual komponen elektronika sekitar rumah anda.

Perlu diketahui bahwa rangkaian ini menggunakan tegangan searah atau DC sebesar 9 volt. Tegangan tersebut bisa didapatkan dari adaptor ataupun baterai kotak yang juga memiliki output 9 volt. Komponen saklar dalam rangkaian ini juga dapat difungsikan sebagai alat untuk mereset timer.

Baca juga : Rangkaian Jam Digital Seven Segment

Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa anda bisa memodifikasi rangkaian ini sehingga memiliki waktu timer yang berbeda-beda, mulai dari 10 menit, 20 menit, dan seterusnya. Caranya sangatlah gampang, tinggal anda ganti saja kapasitornya. Semakin besar kapasitor, maka semakin lama pula waktu timernya.

Nah, demikian informasi mengenai rangkaian timer otomatis dengan IC 555. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca setia belajarelektronika.net di manapun anda berada. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila dianggap bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya.

Incoming search terms:

  • rangkaian timer on off otomatis
  • rangkaian timer
  • rangkaian timer otomatis
  • rangkaian timer on off
  • rangkaian timer sederhana
  • rangkaian ic 555 sebagai timer
  • rangkaian lampu otomatis menggunakan timer
  • rangkaian timer dengan ic 555
  • rangkaian timer ic 555
  • skema timer

Leave a reply "Rangkaian Timer Otomatis Menggunakan IC 555"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.