Skema Rangkaian Tone Control Pasif + Layout PCB

4120 views

Skema Rangkaian Tone Control Pasif + Layout PCB – Sebagian dari anda terutama yang hobi di bidang elektronika audio, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tone control alias kontrol nada. Ya, alat yang satu ingin merupakan salah satu bagian yang penting dalam sebuah set perangkat audio. Tanpa ada tone control, suara yang dihasilkan juga kurang memuaskan.

Bagi anda yang belum tahu, tone control adalah suatu rangkaian pengatur suara atau nada aktif yang terdapat pada sistem audio. Tone control sendiri memiliki fungsi untuk mengatur penguatan level nada bass maupun level nada treble. Itulah sebabnya mengapa sebuah tone control memiliki fungsi yang sangat penting dalam dunia per-audio-an.

Tone control terbagi menjadi dua jenis, yakni tone control aktif dan tone control pasif. Tone control aktif adalah jenis tone control yang penggunakannya menerapkan fungsi komponen-komponen elektronika aktif seperti IC dan transistor. Sebaliknya, tone control pasif adalah jenis tone control yang menerapkan fungsi komponen elektronika pasif seperti resistor, potonsiometer, dan kapasitor.

Rangkaian Tone Control Pasif

Nah, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat info lebih lanjut mengenai tone control pasif, atau lebih tepatnya skema rangkaian tone control pasif sederhana. Skema rangkaian ini ditujukan bagi anda yang berencana ingin membuat sebuah tone control mudah dengan biaya yang murah.

Rangkaian tone control yang akan kami share ini terbilang sangat sederhana, cocok digunakan untuk praktek bagi pemula, dan tidak membutuhkan banyak komponen elektronika. Semua komponen yang digunakan adalah komponen dasar yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Jika anda tertarik, langsung saja berikut skema rangkaian + layout PCB tone control pasif sederhana.

Baca juga : Rangkaian Tone Control Aktif Sederhana

Bagaimana, terlihat sangat sederhana dan mudah dibuat bukan? Jika anda ingin membuat rangkaian tersebut lebih kompleks, anda bisa memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan. Sekian informasi singkat mengenai skema rangkaian tone control pasif sederhana lengkap dengan layout PCBnya ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di ulasan elektronika menarik berikutnya.

Incoming search terms:

  • tone control pasif 3 nada
  • rangkaian tone control pasif
  • cari cara membuat audio sound system buat di lapangan yang menggelegar
  • tone control pasif stereo
  • skema tc pasif stereo
  • rangkaian tone control 3 nada
  • tone control 3 nada pasif
  • yhs-labyrinth_001
  • Pcb pasif tone control
  • tone control pas
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.