Sifat Gelombang Elektromagnetik dan Mekanik

985 views

Sifat Gelombang Elektromagnetik dan Mekanik – Untuk memantapkan diri sebagai seorang teknisi elektronika yang handal, pengetahuan tentang teori dasar elektronika dan kelistrikan tentu harus dikuasai secara matang. Ada banyak sekali teori dasar elektronika dan kelistrikan yang bisa dipelajari mulai dari teori atom, hukum ohm, dan lain sebagainya.

Selain itu sedikit banyak kita juga harus belajar ilmu-ilmu fisika karena dunia elektronika memang sangat erat kaitannya dengan fisika. Ya, ada beberapa teori dalam fisika yang tak bisa dipisahkan dari dunia elektronika seperti teori tentang gelombang elektromagnetik dan juga gelombang mekanik.

Oleh karena itu di kesempatan yang sangat bagus ini belajarelektronika.net akan mencoba berbagi informasi kepada para pembaca semuanya mengenai teori tentang kedua jenis gelombang tadi, yakni gelombang elektromagnetik dan gelombang mekanik, terutama tentang sifat yang dimiliki oleh dua jenis gelombang tersebut

Sifat Gelombang Elektromagnetik

Sebelum mencari tahu sifat yang dimiliki oleh gelombang elektromagnetik, ada baiknya kita kenali dulu apa itu gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik adalah jenis gelombang yang dapat merambat walaupun tidak ada medium. Contoh dari gelombang elektromagnetik adalah gelombang radio, gelombang mikro, dan sinar infra merah.

Energi elektromagnetik merambat dalam sebuah gelombang dengan beberapa karakter yang dapat diukur. Karakter tersebut terdiri dari panjang gelombang atau wavelength, frekuensi, amplitude atau amplitude, dan juga kecepatan. Berikut adalah beberapa sifat yang dimiliki oleh gelombang elektromagnetik.

  • Arah medan listrik dan juga medan magnet saling tegak lurus
  • Perubahan medan listrik serta medan magnet terjadi pada waktu yang bersamaan
  • Besar kuat medan listrik dan magnet nilainya berbanding lurus, yaitu menurut hubungan E = c x B
  • Dapat merambat dalam ruang hampa
  • Merambat dengan laju yang bergantung pada sifat-sifat listrik serta magnet medium
  • Arah perambatan gelombang elektromagnetik selalu tegak lurus
  • Gelombang elektromagnetik adalah berupa gelombang transversal
  • Cepat rambat dalam ruang hampa merupakan tetapan umum yang nilainya 3 x 108 m/s
  • Dapat mengalami proses polarisasi, interferensi, pemantulan, pembiasan, dan juga difraksi
  • Frekuensi gelombang elektromagnetik berada di antara 103 Hz sampai dengan 1020 Hz
  • Tidak sensitif terhadap pendengaran tetapi ada yang sensitif terhadap mata

Baca juga : Pengertian Frekuensi, Getaran, Gelombang, dan Amplitudo

Sifat Gelombang Mekanik

Gelombang mekanik adalah jenis sebuah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium. Medium tersebut berfungsi untuk menyalurkan energi guna proses penjalaran sebuah gelombang. Suara adalah salah satu jenis gelombang mekanik yang media perambatannya melalui udara. Tanpa ada udara, gelombang suara tidak bisa dirambatkan.

Berdasarkan arah rambat dan juga arah getarannya, gelombang mekanik terbagi menjadi dua macam yakni gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal punya arah rambat yang tegak lurus, sedangkan gelombang longitudinal punya arah rambat sejajar. Berikut beberapa sifat yang dimiliki oleh gelombang mekanik.

  • Gelombang mekanik membutuhkan medium untuk perambatan
  • Dapat didengar atau sensitif terhadap pendengaran pada frekuensi 20 sampai 20.000 Hz
  • Gelombang mekanik punya frekuensi yang terbatas

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai sifat gelombang elektromagnetik dan mekanik. Semoga dengan adanya info tadi dapat menambah khasanah wawasan bagi para pembaca semua, utamanya yang hobi dengan dunia elektronika dan kelistrikan. Pantau terus belajarelektronika.net untuk mendapatkan update info menarik berikutnya.

Incoming search terms:

  • magic jar terbaik
  • sifat gelombang mekanik
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.