Simbol Elektronika dan Fungsinya Lengkap

3173 views

simbol elektronika dan fungsinyaSimbol Elektronika dan Fungsinya Lengkap - Setelah sebelumnya belajarelektronika.net banyak membahas informasi mengenai skema rangkaian elektronika. Pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai simbol elektronika lengkap beserta dengan fungsinya.

Dalam dunia elektronika kita mengenal banyak sekali simbol. Simbol-simbol tersebut bisa melambangkan sebuah komponen, atau bisa menggambarkan sebuah informasi lain yang erat kaitannya dengan gambar rangkaian elektronika. Dengan adanya simbol elektronika, teknisi akan lebih mudah mengenali dan memahami sebuah gambar elektronika.

Perlu diketahui bahwa simbol elektronika itu bersifat universal alias di semua daerah sama. Misal saja simbol resistor. Resistor selalu dilambangkan dengan garis horizontal yang memiliki dua sisi di mana di bagian tengahnya terdapat garis-garis seperti rumput ataupun bentuk persegi panjang.

Simbol Elektronika dan Fungsinya

Nah, berikut ini adalah beberapa simbol komponen elektronika yang perlu anda ketahui agar nantinya lebih mudah memahami hal-hal lain yang erat kaitannya dengan dunia elektronika. Penasaran dengan informasi lengkapnya? Silahkan simak baik-baik ulasan dari belajarelektronika.net berikut ini.

1. Simbol Resistor

simbol resistor

Resistor adalah sebuah komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai hambatan atau penghambat arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. Resistor terbagi atas dua jenis, yakni resistor tetap dan resistor variabel.

2. Simbol Kapasitor

simbol kapasitor

Kapasitor juga termasuk komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai penyimpan arus listrik untuk sementara waktu. Komponen yang satu ini banyak sekali macamnya, mulai dari kapasitor keramik, kertas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Simbol Dioda

simbol dioda

Dioda adalah komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penyearah arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. Ada banyak sekali jenis dioda mulai dari dioda zener sampai dengan LED.

Selengkapnya >> Simbol komponen elektronika dan fungsinya

Demikian sedikit informasi mengenai simbol elektronika dan fungsinya lengkap. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat maupun inspirasi bagi anda semuanya. Sampai jumpa dan bagikan artikel yang satu ini bila dianggap bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya seputar komponen elektronika lengkap.

Incoming search terms:

  • simbol simbol elektronika beserta fungsinya
  • elektronika simbol
  • gambar garis dan simbol rangkaian elektronika
  • gambarsimbol elektornika berserta
  • nama komponen dan gambar rangkaian saklar otomatis penetas telur

Leave a reply "Simbol Elektronika dan Fungsinya Lengkap"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.