Simbol Simbol Komponen Elektronika Pasif dan Aktif

2830 views

simbol simbol komponen elektronikaSimbol Simbol Komponen Elektronika Pasif dan Aktif – Ketika belajar elektronika, pastinya kita akan dihadapkan dengan yang namanya komponen elektronika pasif dan komponen elektronika aktif. Bagi anda yang belum tahu komponen elektronika pasif adalah komponen elektronika yang tidak memiliki peran mengalirkan atau memperkuat aliran listrik dalam sebuah rangkaian elektronika.

Sedangkan komponen elektronika aktif adalah komponen elektronika yang memiliki peran dalam mengalirkan atau memperkuat arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. Kedua komponen tersebut sedikit banyak selalu dijumpai dalam sebuah rangkaian elektronika.

Simbol Simbol Komponen Elektronika

Bagi anda yang baru belajar tentang elektronika, terlebih dahulu harus memahami simbol simbol komponen elektronika pasif dan aktif, mulai dari resistor, kapasitor, dioda, sampai dengan transistor. Berikut ini adalah simbol-simbol yang bisa anda pelajari guna mengenal komponen elektronika lebih lanjut.

1. Simbol Resitor

Simbol resitor dapat digambarkan dengan garis lurus yang ditengah-tengahnya meliuk-liuk membentuk zigzag seperti rumput. Komponen yang satu ini kadang kala juga bisa digambarkan dengan garis lurus yang ditengah-tengahnya terdapat persegi panjangan. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

simbol resistor

2. Simbol Kapasitor

Simbol kapasitor dapat digambarkan dengan garis horizontal yang ditengah-tengahnya terdapat dua garis veritikal yang memisahkan dua garis horizontal tersebut. Untuk kapasitor bipolar biasanya ditandai dengan adanya kubuh + atau – di sisi gari vertikal. Sedangkan kapasitor unipolar, tidak ada perbedaan antara dua garis vertikal tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

simbol kapasitor

3. Induktor

Simbol induktor dapat digambarkan dengan garis horizontal yang ditengah-tengahnya melengkung membentuk setengah lingkaran sebanyak 3 buah. Untuk gambar lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

simbol induktor

4. Simbol Dioda

Simbol dioda digambarkan dengan garis horizontal yang ditengah-tengahnya terdapat sebuah segitiga dan garis vertikal di satu sisinya. Untuk simbol lebih jelas bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

simbol dioda

Bagi anda yang ingin tahu simbol simbol komponen elektronika pasif dan aktif secara lengkap, bisa langsung mengunjungi link simbol komponen elektronika. Sekian informasi yang bisa kami bagikan kali ini. Jangan lupa bagikan artikel ini apabila bermanfaat, dan baca juga informasi menarik lainnya seputar fungsi komponen elektronika dasar. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • lambang komponen elektronik
  • simbol komponen elektronika lanjut
  • contoh komponen elektronika pasif dan aktif beserta simbolnya
  • simbol komponen pasif
  • simbol simbol komponen aktif dan pasif
  • simbol simbol elektro
  • kompenen pasif dan aktif beserta simbol
  • gambar simbol komponen pasif
  • gambar simbol komponen aktif elektronika
  • Symbol symbol komponen sktif dan pasif dan fungsi

Tinggalkan pesan "Simbol Simbol Komponen Elektronika Pasif dan Aktif"

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.