Skema Elektronika Sederhana dan Keterangannya

4889 views

skema elektronika sederhanaSkema Elektronika Sederhana dan Keterangannya - Bagi para pemula yang baru belajar membuat rangkaian elektronika, memilih skema rangkaian elektronika yang sederhana merupakan sebuah keharusan. Karena rangkaian elektronika sederhana sangat mudah untuk dipelajari dan dibuat.

Selain itu rangkaian elektronika sederhana juga tak memperlukan komponen yang banyak, sehingga lebih hemat biaya. Saat ini ada banyak sekali contoh rangkaian elektronika sederhana yang telah dikembangkan oleh teknisi elektronika terdahulu. Salah satunya yang paling fenomenal adalah rangkaian flip-flip dan lampu LED.

Skema Elektronika Sederhana

Rangkaian tersebut hanya memerlukan beberapa komponen dasar dan output berupa lampu LED. Anda bisa mendapatkan semua komponen tersebut dengan mudah di toko-toko komponen sekitar rumah. Oke, tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah beberapa contoh skema elektronika sederhana lengkap beserta keterangannya.

Skema Rangkaian Adaptor Sederhana

rangkaian adaptor

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa adaptor merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengubah arus AC ke DC. Adaptor sendiri dapat dibuat dengan menggunakan komponen-komponen sederhana. Prinsip kerja dari adaptor sendiri menggunakan dioda penyearah yang dibantu dengan transistor.

Skema Rangkaian Flip-flop

rangkaian flip flop sederhana

Rangkaian flip-flop merupakan rangkaian elektronika yang sangat sederhana. Rangkaian ini memiliki prinsip kerja mematikan dan menyalakan lampu sebagai output secara bergantian. Untuk membuat rangkaian ini, anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya karena memang komponen yang dibutuhkan terbilang sangat-sangat sedikit.

Skema Rangkaian Saklar Tepuk Sederhana

Rangkaian Elektronika Saklar Tepuk

Bagi anda yang suka dengan rangkaian elektronika unik, bisa coba rangkaian yang satu ini. Seperti namanya, prinsip kerja dari rangkaian ini berdasarkan suara. Input yang digunakan adalah suara tepukan yang dapat mengontrol sebuah saklar on off pada outputnya. Sangat keren dan  mudah untuk dibuat.

SKEMA ELEKTRONIKA SEDERHANA LAINNYA

Demikian sedikit informasi mengenai skema elektronika sederhana dan penjelasannya. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat sekaligus inspirasi bagi para pembaca, khususnya pembaca setia belajarelektronika.net dimanapun anda berada. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya dari kami mengenai software simulasi elektronika lengkap.

Incoming search terms:

  • rangkaian elektronika sederhana dan keterangannya
  • rangkaian elektronika unik
  • skema rangkaian elektronika sederhana
  • rangkaian elektronik keren
  • skema elektronika sederhana
  • skema elektronik sederhana
  • skemA unik
  • rangkaian adaptor beserta keterangan
  • power belap sound
  • rangkaian elektronika keren

Leave a reply "Skema Elektronika Sederhana dan Keterangannya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.