Skema Rangkaian Preamp Mic Sederhana 1 Transistor

611 views

Skema Rangkaian Preamp Mic Sederhana 1 Transistor – Kembali membahas perangkat audio, kali ini belajarelektronika.net akan mengulas bagaimana cara membuat preamp mic sederhana dengan sebuah transistor saja. Ya, rangkaian preamp mic 1 transistor ini memang terbilang jadul, namun cukup powerfull sampai saat ini.

Rangkaian preamp mic ini berfungsi sebagai penguat mic. Berbagai jenis perangkat speaker kelas bawah juga masih menggunakan rangkaian ini. Selain itu rangkaian yang satu ini dahulunya kerap digunakan sebagai penguat mic pemancar FM sehingga kualitas suara yang dapat diterima oleh mic lebih enak didengar.

Selain itu dengan adanya rangkaian preamp mic ini, kualitas mic juga menjadi lebih peka bahkan suara jangkrik dari jauh pun bisa ditangkap. Itulah mengapa hingga saat ini rangkaian preamp mic sederhana dengan 1 transistor masih sangat powerfull dan banyak dicari sampai saat ini.

Rangkaian Preamp Mic 1 Transistor

Skema rangkaian yang akan kami share ini terbilang sangat sederhana dan mudah dalam perakitannya. Oleh sebab itu tak masalah bagi para pemula sekalipun yang ingin coba membuatnya. Komponen yang diperlukan juga tak banyak, dan semuanya bisa didapatkan dengan mudah (komponen yang tidak langka).

Jika anda kesulitan mencarinya transistornya, bisa menggunakan persamaan transistor yang lain seperti C945, C1815, C828, C458, dan C536. Selain itu rangkaian preamp mic sederhana ini juga sudah dilengkapi dengan potensiometer untuk mengatur sinyal audio output sesuai kebutuhan. Langsung saja berikut gambar atau skema rangakaiannya.

Baca juga : Skema Rangkaian Master Mixer Low Noise

Dari rangkaian tersebut dapat kita lihat bahwa preamp mic ini memerlukan tegangan yang tak terlalu besar, yakni 6 volt sampai dengan 25 volt. Preamp mic ini juga dapat digunakan untuk berbagai jenis mic mulai dari mic kondensator sampai dengan mic dinamic yang tidak membutuhkan tegangan.

Apabila suara yang dihasilkan oleh preamp mic tersebut kurang peka, maka anda bisa mengganti nilai R2 (220K) menjadi lebih besar seperti 330K, 470K, atau 560K. Namun saat anda mengganti resistor ke yang lebih besar, resikonya suara menjadi pecah saat volume tinggi. Semoga info mengenai skema rangkaian preamp mic sederhana 1 transistor tadi bermanfaat.

Incoming search terms:

  • skema sederhana pre amp
  • rangkaian mixer dengan transistor
  • preamp mic 1 transistor
  • pre amp untuk audio sederhana
  • pre amp mini 1 transistor
  • penguat mic 1 transistor
  • cara rangkai pre amp sederhana
  • cara membuat penguat mic 1 c945
  • cara memasang pre amp mic 1transistor
  • cara buat pre amp sederhana degan c945
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.