Solusi TV Sharp Saat Dicolok Listrik MCB Langsung Turun

2698 views

Solusi TV Sharp Saat Dicolok Listrik MCB Langsung Turun – Seperti yang kita tahu bahwa sampai saat ini ada banyak sekali jenis TV yang beredar di Indonesia mulai dari TV tabung, TV LCD, sampai dengan TV LED. Merknya pun juga sangat beragam seperti LG, Samsung, Toshiba, Sharp, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu kita semua juga sudah tahu bahwa TV juga termasuk salah satu alat elektronik yang mudah rusak. Jika pemakaian salah, TV akan sangat rentan mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadipun sangat bervariasi mulai tidak dapat memunculkan gambar, suara hilang, sampai dengan mati total.

Ada salah satu jenis kerusakan yang memang jarang terjadi pada TV, namun pernah dialami oleh pengguna TV, yakni saat TV dicolok listrik atau dinyalakan, tiba-tiba MCB langsung. Biasanya masalah tersebut kerap dialami oleh TV merk Sharp. Bagi anda yang tengah mengalami masalah tersebut, silahkan simak baik-baik ulasan yang satu ini.

Mengatasi MCB Turun Saat TV Dicolok Listrik

Untuk mengatasi masalah TV yang seperti ini memang diperlukan diagnosa terlebih dahulu untuk mengetahui sumber masalah. Ada beberapa teknisi yang mengalami masalah serupa dan ternyata masalahnya terdapat pada komponen NTC 47D yang short dan kapasitor 100nf/275V kapasitansinya turun menjadi 60nf.

Setelah kedua komponen tersebut diganti dengan komponen baru yang masih bagus, masalah teratasi. Saat TV dicolokkan ke listrik, MCB tidak turun lagi. Meskipun begitu kita juga tidak bisa melakukan generalisasi bahwa semua masalah TV yang saat dilocok MCB mati disebabkan karena dua komponen tersebut.

Ada beberapa faktor lain yang juga bisa menyebabkan masalah serupa seperti kabel yang short atau komponen lain yang mengalami kerusakan. Untuk lebih mempertajam analisi anda dalam mendiagnosa kerusakan TV rusak utamanya saat dicolok ke listrik, MCB jadi turun, silahkan tonton video berikut ini.

Baca juga : Cara Ganti Potensio Flyback TV yang Rusak

Demikianlan informasi singkat mengenai solusi TV Sharp saat dicolok listrik MCB langsung turun. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua di manapun anda berada. Jika anda tidak mampu mengatasinya sendiri, solusi terbaiknya adalah membawanya ke tukang service TV.

Incoming search terms:

  • tv led dinyalakan listrik turun
  • tv mati listrik turun
  • tv sahrp bila on mcb trun
  • tv sap di masukan arus listrik turun mcb
  • tv sharp dicolok listrik turun
  • tv sharp lama mcb turun
  • tv sharp mcb turun
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.