Tabel Kebenaran Gerbang Logika Dasar

4260 views

tabel kebenaran gerbang logika dasarTabel Kebenaran Gerbang Logika Dasar - Saat menginjak materi elektronika digital, kita akan dihadapkan dengan yang namanya gerbang logika. Apa itu gerbang logika? Gerbang logika adalah dasar pembentuk sistem elektronika digital yang memiliki fungsi untuk mengubah satu atau beberapa input atau masukan menjadi sinyal output atau keluaran.

Bilangan yang digunakan dalam gerbang logika ini adalah bilangan biner, yakni "1" dan "0". Pada umumnya bilangan-bilangan tersebut melambangkan keadaan atau level suatu tegangan. Komponen elektronika yang diterapkan dalam sistem elektronika digital ini pada umumnya berupa integrated circuit alias IC.

Tabel Kebenaran Gerbang Logika

Lantas apa yang dimaksud dengan tabel kebenaran? Oke, perlu diketahui bahwa tabel kebenaran adalah tabel yang di dalamnya berisi kombinasi-kombinasi variabel input yang menghasilkan output logis. Ada beberapa jenis gerbang logika dasar, mulai dari gerbang AND, OR, NOT, NAND, NOR, X-OR, dan XNOR.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai gerbang-gerbang logika tersebut, mulai dari pengertiannya, simbolnya, sampai dengan tabel kebenarannya. Bagi anda yang ingin tahu informasi lengkapnya silahkan simak baik-baik ulasan lengkap dari belajarelektronika.net yang satu ini.

1. Gerbang AND

gerbang and

Gerbang AND adalah gerbang logika yang memiliki dua atau lebih input, dan menghasilkan satu output. Gerbang AND akan menghasilkan keluaran berlogika 1 apabila semua inputnya berlogika 1. Apabila salah satu atau semua logika inputnya berlogika 0, maka keluaran atau outputnya juga akan 0.

2. Gerbang OR

gerbang or

Gerbang OR adalah gerbang logika yang memiliki dua atau lebih input, dan menghasilkan satu output. Gerbang OR akan menghasilkan keluaran berlogika 0 apabila semua inputnya berlogika 0. Apabila salah satu atau semua logika inputnya berlogika 1, maka keluaran atau outputnya juga akan 1.

3. Gerbang NOT

gerbang not

Gerbang NOT adalah gerbang pembalik yang hanya memiliki satu masukan dan satu keluaran saja. Jika masukan berlogika 1, maka keluaran berlogika 0. Sebaliknya jika masukan berlogika 0, maka keluaran akan berlogika 1. Gerbang yang satu ini biasanya disimbolkan dengan lambang minus.

4. Gerbang NAND

gerbang nand

Gerbang NAND adalah kombinasi dari AND dan NOT. Keluaran dari gerbang NAND ini merupakan kebalikan dari keluaran gerbang AND. Gerbang NAND akan menghasilkan keluaran berlogika 0 apabila semua inputnya berlogika 1. Apabila salah satu atau semua logika inputnya berlogika 0, maka keluaran atau outputnya juga akan 1.

5. Gerbang NOR

gerbang nor

Gerbang NOR adalah kombinasi dari OR dan NOT. Keluaran dari gerbang NOR ini merupakan kebalikan dari keluaran gerbang OR. Gerbang NOR akan menghasilkan keluaran berlogika 1 apabila semua inputnya berlogika 0. Apabila salah satu atau semua logika inputnya berlogika 1, maka keluaran atau outputnya juga akan 0.

Baca juga : Contoh Soal Aljabar Boolean

6. Gerbang X-OR

gerbang xor

Gerbang X-OR merupakan singkatan dari eksklusif OR. Gerbang logika ini memiliki dua input dan satu output. Output dari gerbang ini akan berlogika 1 apabila inputnya berbeda, misal 1 dan 0, atau 0 dan 1. Sebaliknya output dari gerbang ini akan berlogika 0 apabila inputnya sama, misal 1 dan 1, atau 0 dan 0.

7. Gerbang X-NOR

gerbang xnor

Gerbang X-Nor ini merupakan singkatan dari eksklusif NOT OR. Gerbang ini merupakan kebalikan dari gerbang X-OR. Output dari gerbang ini akan berlogika 0 apabila inputnya berbeda, misal 1 dan 0, atau 0 dan 1. Sebaliknya output dari gerbang ini akan berlogika 1 apabila inputnya sama, misal 1 dan 1, atau 0 dan 0.

Demikian sedikit informasi mengenai tabel kebenaran gerbang logika dasar. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di ulasan yang tak kalah menarik berikutnya hanya di belajarelektronika.net. Jangan lupa bagikan artikel ini apabila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • contoh soal gerbang logika
  • berbagai ic lengkap
  • soal gerbang logika
  • Tabel Kebenaran Gerbang Logika
  • contoh soal gerbang logika dan tabel kebenaran
  • cara membuat tabel kebenaran gerbang logika
  • contoh soal tabel kebenaran gerbang logika
  • soal tentang gerbang logika
  • tabel gerbang logika
  • contoh soal gerbang logika not

Leave a reply "Tabel Kebenaran Gerbang Logika Dasar"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.