Teknik Cara Menyolder Komponen ke PCB yang Benar

14131 views

teknik cara menyolder komponenTeknik Cara Menyolder Komponen ke PCB yang Benar - Salah satu ketrampilan yang harus dikuasai jika anda ingin menjadi seorang teknisi elektronika yang handal adalah menyolder. Memang kegiatan menyolder sekilas terlihat sangat mudah, namun tak semua orang bisa melakukan hal tersebut dengan benar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyolder, utamanya untuk menyambungkan komponen elektronike ke board PCB. Hasil penyolderan yang kurang bagus juga akan berpengaruh terhadap rangkaian elektronika. Banyak masalah terjadi dalam sebuah rangkaian elektronika akibat hasil penyolderan yang kurang baik.

Nah, oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini, belajarelektronika.net akan berbagi sedikit tips mengenai cara menyolder komponen elektronika ke board PCB dengan baik dan benar. Bagi anda yang ingin tahu informasinya lebih lengkap dan detail, bisa lihat langsung ulasan dari belajarelektronika.net berikut ini.

Cara Menyolder Komponen ke PCB

Sebelum anda memulai menyolder, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan. Berikut adalah beberapa alat yang dibutuhkan untuk menyolder komponen elektronika ke board PCB agar menghasilkan hasil penyolderan yang sempurna dan memuaskan.

  • Solder (30-40 watt)
  • Kawat timah
  • Amplas halus
  • Board PCB
  • Komponen elektronika

Setelah semua bahannya siap, anda bisa melakukan proses penyolderan. Sekedar mengingatkan bahwa pemilihan solder yang baik adalah yang panas, namun tidak terlalu panas. Maksudnya adalah, solder dapat melelehkan timah dengan sempurna, namun tidak merusak komponen karena panasnya yang berlebihan.

Karena ada beberapa komponen elektronika yang rawan rusak apabila terkena panas yang berlebih seperti IC dan transistor. Oleh karena ini solder yang bagus adalah yang memiliki daya kira-kira 30 hingga 40 watt. Berikut adalah proses cara menyolder komponen ke PCB yang baik dan benar.

cara menyolder

  1. Pertama-tama bersihkan ujung solder dari kotoran atau sisa timah yang menempel
  2. Setelah itu colokkan solder ke sumber tegangan
  3. Tunggu selama kurang lebih 5 sampai 10 menit sampai solder panas
  4. Sembari menunggu solder memanas, anda bisa mengamplas permukaan PCB yang hendak disolder. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan yang membuat timah tidak bisa menempel dengan sempurna
  5. Setelah solder panas, ambil timah dan komponen yang ingin disolder ke PCB
  6. Masukkan kaki komponen ke dalam lubang PCB
  7. Arahkan ujung solder ke ujung kawat timah, dan dekatkan ke pangkal kaki komponen yang menempel ke PCB
  8. Solder sampai seluruh pangkal kaki komponen tertutup timah dengan sempurna

Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai menempelkan ujung solder ke kaki komponen terlalu lama karena panas akan mengalir ke komponen dan merusaknya. Pastikan timah sudah mencair dengan sempurna saat proses penyolderan dilakukan untuk menghindari solderan yang kurang matang.

Hasil penyolderan yang baik memiliki bentuk yang lancip, bukan cembung ataupun cekung. Karena hasil solder yang lancip selain kuat, juga akan membuat tampilan board menjadi rapih. Berikut adalah gambar hasil penyolderan yang baik dan berkualitas yang bisa anda tiru dan praktekkan.

solderan yang baik

Demikian sedikit informasi mengenai teknik cara menyolder komponen ke PCB yang baik dan benar. Memang perlu latihan berulang kali agar bisa mendapatkan hasil penyolderan yang sempurna. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • cara menyolder PCB
  • cara pembuatan power sound
  • cara menyolder yang benar dari kabel ke trafo
  • cara menyolder rangkaian pada pcb
  • cara menyolder pcb dengan benar
  • cara menyolder komponen
  • cara menyolder hp dengan baik
  • cara memperbaiki pcb yang tidak bisa di solder
  • cara memasang komponen ke pcb
  • trik memasukkan kabel ke pcb

Leave a reply "Teknik Cara Menyolder Komponen ke PCB yang Benar"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.