Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar

4827 views

teknik elektronika analog dan digital dasar

Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar – Pada kesempatan yang baik ini, belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi mengenai teknik elektronika analog maupun digital dasar. Dalam materi tersebut, akan dijelaskan mengenai berbagai macam sub materi yang cukup banyak.

Sub materi tersebut diantaranya adalah menerapkan teori kelistrikan, mengenal komponen elektronika, menerapkan konsep elektronika digital, menerapkan sistem bilangan digital, sampai dengan menerapkan elektronika digital untuk komputer. Beberapa materi tersebut sudah dijabarkan lebih lengkap pada ulasan web belajar elektronika sebelumnya.

Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar

Untuk mempermudah pemahaman anda mengenai elektronika digital dan analog. Akan kami jelaskan secara singkat. Elektronika digital merupakan sistem elektronika yang berkaitan dengan sinyal-sinyal digital (0 dan 1). Sebaliknya, elektronika analog merupakan sistem elektronika yang berkaitan dengan sinyal analog atau sinyal kontinyu.

1. Menerapkan Teori Kelistrikan

Materi mengenai teori kelistrikan sudah dijabarkan secara lengkap melalui artikel yang telah telah diterbitkan sebelumnya pada web belajarelektronika.net. Materi tersebut menyinggung berbagai macam sub materi seperti arus, tegangan, daya, arus, dan masih banyak lagi yang lain. Anda bisa membaca materi tersebut secara lengkap pada artikel teori elektronika dasar dan kelistrikan.

2. Mengenal Komponen Elektronika

Banyak sekali komponen elektronika yang biasa digunakan untuk membuat sebuah rangkaian elektronika. Anda bisa membaca materi lengkap mengenai berbagai macam komponen elektronika, jenis, dan fungsinya pada artikel komponen elektronika atau kategori tentang komponen elektronika.

3. Menerapkan Konsep Elektronika Digital

Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa elektronika digital merupakan elektronika yang berkaitan dengan sinyal digital. Sinyal ini dapat dilambangkan dengan bilangan 1 dan 0. Konsep elektronika digital ini sebenarnya berasal dari konsep Aljabar Bolean yang saat ini banyak digunakan untuk mengembangkan berbagai macam alat yang kita gunakan saat ini seperti komputer.

4. Menerapkan Sistem Bilangan Digital

Sistem bilangan digital dapat dilambangkan dengan bilangan biner 0 dan 1. Seperti halnya prinsip kerja saklar. Ketika saklar ON dapat dilambangkan dengan bilangan 1. Sebaiknya, jika saklar OFF, dapat dilambangkan dengan bilang 0. Hal tersebut dapat berlaku dalam penerapan rangkaian digital yang lainnya.

Sekian informasi mengenai teknik elektronika analog dan digital dasar. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan inspirasi, khususnya untuk para pembaca setia belajarlektronika.net. Sampai jumpa dan baca informasi menarik lainnya mengenai rangkaian elektronika digital.

Incoming search terms:

  • Elektronika analog dan digital
  • electronika analog dan digital dasar
  • materi elektronika analog dan digital dasar
  • materi tkj menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
  • menerapkan teknik analog dan digital dasar
  • teknik analog digitAl
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.