Teknik Elektronika Dasar Analog dan Digital

2262 views

teknik elektronika dasarTeknik Elektronika Dasar Analog dan Digital - Pada artikel sebelumnya, belajarelektronika.net telah berbagi artikel mengenai soal elektronika dasar. Anda bisa membaca artikel tersebut untuk menambah wawasan seputar elektronika. Anda juga bisa belajar mengerjakan soal-soalnya untuk bahan mengetes kemampuan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa elektronika adalah cabang ilmu yang mempelajari alat listrik berupa arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron / partikel yang memiliki muatan listrik dalam suatu alat seperti peralatan elektronik, komputer, semikonduktor, termokopel, dan lain sebagainya.

Dalam dunia elektronika, elektronika terbagi atas dua jenis, yakni elektronika analog dan digital. Elektronika analog adalah cabang elektronika dimana sinyal listrik yang terlibat memiliki sifat kontinyu. Sedangkan elektronika digital dimana sinyal listrik yang terlibat adalah sinyal digital dengan logika 1 atau 0.

Teknik Elektronika Dasar

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mempelajari elektronika, yakni belajar secara otodidak ataupun belajar secara sistematis. Belajar otodidak adalah belajar sendiri dengan menggali informasi dan ilmu yang ada ntah itu dari buku ataupun dari beberapa media yang lain.

Sedangkan belajar secara sistematis adalah belajar yang dilakukan secara beruntun dengan suatu pendekatan atau metode belajar yang jelas. Biasanya cara belajar ini dilakukan di sekolah, bangku kuliah, ataupun kursus elektronika. Keduanya memiliki nilai positif dan negatif yang bisa anda pertimbangkan jika anda ingin belajar elektronika.

Ada beberapa materi yang dipelajari dalam dunia elektronika diantaranya adalah:

  1. Teori elektronika
  2. Komponen elektronika
  3. Simbol komponen elektronika
  4. Pengukuran komponen elektronika
  5. Rangkaian elektronika
  6. dll.

Anda bisa membaca artikel-artikel tersebut agar dapat memahami dunia elektronika secara lebih mudah dan sistematis. Walaupun dapat dipelajari secara otodidak, namun anda bisa mendapatkan materi yang telah disusun secara sistematis. Setelah anda membaca artikel tersebut, anda bisa langsung melakukan praktek.

Sekian informasi mengenai teknik elektronika dasar analog dan digital. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat khususnya bagi para pembaca setia web belajarelektronika.net. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman jika anda anggap bermanfaat. Baca juga artikel lainnya mengenai rangkaian dasar elektronika daya.

Incoming search terms:

  • artikel tentang elektronika analog
  • cara cepat belajar elektro secara otodidak
  • sistematis analog

Leave a reply "Teknik Elektronika Dasar Analog dan Digital"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.