Tips Buka Usaha Toko dan Service Barang Elektronik

7299 views

tips memulai usaha bisnis toko servis elektronikTips Buka Usaha Toko dan Service Barang Elektronik - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, membuat pola usaha dunia teknologi juga ikut berkembang. Dahulunya perusahaan teknologi menggunakan media televisi, radio, dan surat kabar untuk memperkenalkan produk-produknya kepada masyarakat.

Namun saat ini banyak perusahaan yang lebih memilih internet dan media baru lainnya sebagai media kampanye yang cukup efektif dan murah. Bagi anda yang berencana membuka usaha di bidang teknologi, utamanya toko dan servis barang elektronik, bisa mencoba strategi tersebut.

Di kesempatan yang baik ini, Belajar Elektronika akan mencoba berbagi sedikit tips bagaimana cara memulai usaha atau bisnis di bidang jual beli dan service barang elektronik. Berikut adalah beberapa poin yang harus anda cermati dan pahami betul agar tidak salah langkah dalam memulai bisnis yang menjanjikan tersebut.

Tips Usaha Toko dan Service Elektronik

Sebelum ke topik utama, perlu anda pahami terkait mindset bisnis. Bisnis apapun termasuk bisnis elektronika selalu memerlukan modal. Dan modal tersebut tak harus berupa uang. Kemauan dan tekad yang bulat merupakan modal utama untuk memulai sebuah bisnis. Ditambah strategi dan perencanaan yang matang akan memperlancar bisnis tersebut.

1. Tentukan Bisnis yang Ingin Anda Geluti

Seperti yang kita tahu bahwa usaha toko dan servis elektronik sangatlah luas. Oleh sebab itu tentukan poin-poin mana saja yang memang anda pahami dan ingin tekuni. Misal servis televisi, servis AC, servis dinamo dan lain-lain. Jika anda ingin merangkul semua, maka persiapkan juga semua alat dan kebutuhan termasuk sumber daya manusianya secara matang.

2. Pilih Target Pasar dan Lokasi yang Strategis

Setelah memilah-milah bagian yang ingin anda geluti, selanjutnya tentukan target pasar dan lokasi anda dalam berbisnis. Misal anda ingin mentarget konsumen di sebuah kota, maka anda harus membangun tempat yang sangat strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat kota tersebut. Jika target anda lebih luas, silahkan manfaatkan sosial media dan beberapa media lainnya.

3. Siapkan Perlengkapan Kerja dan SDM

Selanjutnya anda harus menyiapkan perlengkapan kerja untuk servis barang elektronik. Jika anda ingin membuka toko, siapkan juga barang-barang yang ingin anda jual. Selain itu jika anda tidak mampu menghandle semua pekerjaan sendiri, siapkan juga sumber daya manusia untuk membantu anda dalam menangani semua pekerjaan.

4. Tentukan Strategi dan Media Promosi yang Tepat

Agar bisnis anda laris manis, diperlukan promosi yang tepat untuk menggaet para konsumen. Anda bisa memanfaatkan media internet untuk promosi yang murah dan efektif. Buatlah promo-promo yang menarik minat konsumen seperti garansi servis, gratis servis, diskon, dan masih banyak lagi yang lain.

Baca juga : Bisnis Elektronika dan Listrik Modal Kecil

5. Manajemen yang Baik Untuk Bisnis Jangka Panjang

Poin terakhir ini adalah poin yang paling penting dalam menjaga agar bisnis atau usaha elektronik anda dapat bertahan lama. Usahakan agar perputaran uang (cash flow) berjalan dengan lancar agar bisnis anda juga tetap lancar. Oleh sebab itu diperlukan manajemen yang sangat baik untuk menjaga keberlangsungan bisnis anda.

Semoga lima poin tips buka usaha toko dan servis barang elektronik tadi dapat menginspirasi anda semua. Selalu ingat, untuk membangun sebuah bisnis memang tidaklah mudah, namun bukan berarti mustahil bagi anda. Share artikel ini jika memang bermanfaat. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • Buka usaha elektronik
  • cara memulai usaha service elektronik
  • cara mendirikan supermarket elektronik
  • cara usaha servis elektronik
  • Membongkar dinamo spiner
  • modal buka toko elektronik
  • rencana usaha toko elektronik

Leave a reply "Tips Buka Usaha Toko dan Service Barang Elektronik"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.