Tutorial Cara Menyalakan Lampu dengan Perintah Suara

2937 views

Tutorial Cara Menyalakan Lampu dengan Perintah Suara – Seiring dengan perkembangan teknologi, kita semakin dimudahkan. Banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang semakin ringan berkat teknologi yang ada saat ini. Bahkan kita juga bisa menyalakan lampu hanya dengan menggunakan perintah suara saja.

Selain lebih mudah tentunya akan sangat praktis dan hemat tenaga karena kita tidak perlu menekan tombol saklar lampu. Ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk membuat lampu kita menjadi otomatis agar bisa dikontrol melalui perintah suara. Misal kita ingin menyalakan lampu, cukup teriakkan kata “ON”. Maka lampu akan menyala.

Sebaliknya jika anda ingin mematikan lampu, tinggal teriakkan saja kata “OFF”. Anda juga bisa mengkostumisasi perintah suara yang anda seperti dengan tepukan maupun siulan. Nah, pada kesempatan yang baik ini kami akan berbagi tutorial paling gampang mengenai cara menyalakan lampu dengan perintah suara.

Menyalakan Lampu dengan Perintah Suara

Oh iya, sebelum itu anda perlu tahu terlebih dahulu bahwa engine yang digunakan adalah arduino. Kenapa harus arduino? Karena selain lebih praktis, harga atau biaya yang anda keluarkan tidak banyak. Sebagai penangkap suaranya, kita menggunakan bantuan perangkat Android baik itu smartphone maupun tablet PC.

Tenang saja anda tak perlu panik karena alat ini bisa dibuat dengan sangat mudah, termasuk oleh pemula sekalipun. Sebelum mulai membuat alatnya, tentu kita harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Langsung saja berikut beberapa alat dan bahan yang harus anda persiapkan untuk membuat alat on/off lampu dengan perintah suara.

  • 1 buah arduino UNO
  • 1 buah smartphone Android
  • 1 buah modul bluetooth HC-05 / HC-06
  • 1 buah project board
  • 4 buah resistor 330 ohm
  • 4 buah LED dengan warna bebas
  • kabel jumper secukupnya
  • aplikasi Android Boarduino (download di Play Store)

Oke, setelah semua alat dan bahannya sudah siap. Langsung bisa kita eksekusi. Semua alat dan bahan tadi bisa anda dapatkan dengan mudah karena bukan termasuk komponen yang langka. Silahkan lakukan step by step yang kami bagikan berikut ini dengan hati-hati dan teliti. Jangan sampai ada step yang terlewat agar semua rangkaian berjalan dengan lancar tanpa masalah.

Baca juga : Rangkaian Saklar Lampu Otomatis dengan LDR

  1. Pertama-tama silahkan rangkai semua komponen seperti berikut
  2. Jika anda masih bingung, silahkan perhatikan konfigurasi kabel berikut ini
  3. Setelah itu sambungkan arduino ke komputer atau laptop menggunakan kabel serial
  4. Download dan install aplikasi arduino.cc melalui link http://arduino.cc/download.php
  5. Setelah terinstall, langsung buka atau jalankan aplikasi arduino tersebut
  6. Klik menu Tools, lalu pilih Board, dan klik Arduino Uno
  7. Setelah itu klik menu Tools, lalu klik Port, dan pilih port yang terdeteksi di komputer
  8. Terakhir download sketch atau program di bawah ini, dan masukkan ke arduino

Link Download :

Sketch / Program Arduino Lampu Perintah Suara

Demikian info singkat mengenai tutorial membuat kontrol lampu otomatis dengan perintah suara. Semoga info yang kami bagikan kali ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua yang ingin membuat alat canggih namun sederhana. Share info ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu dan bisa ikut mencoba membuatnya.

Incoming search terms:

  • https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1825 eLgO4RrL9Jomh5WldyzxQ82Cq1CVx3BL_VZEPZpp_18CimFLCLZncqmqpWG85JtU 041a45af2f337c14ea2ecaf91ca6154b74bf7e12&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme
  • menyalakan lampu dengan suara
  • sket arduino perintah suara
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.