Cara Membuat Alat Elektronik Sederhana Dari Barang Bekas

1803 views

Cara Membuat Alat Elektronik Sederhana Dari Barang Bekas – Kehadiran barang-barang bekas sangat menggangu menurut sebagian orang, terutama bagi meraka yang memiliki lahan tempat tinggal sempit. Biasanya mereka segera membuang barang-barang bekas jika sudah tidak digunakan lagi.

Padahal sebenarnya barang-barang bekas tersebut masih bernilai apabila diperlakukan dengan cara yang lebih benar. Misalnya kita bisa membuat berbagai macam peralatan elektronik sederhana dari barang-barang bekas tersebut. Nah, pada kesempatan yang sangat baik ini belajarelektronika.net akan berbagi info menarik kepada anda semua.

Info menarik yang kami maksud tak lain adalah bagaimana cara mengolah berbagai macam barang bekas tak terpakai menjadi barang elektronik sederhana yang sangat bermanfaat. Penasaran? Mari kita lihat bersama-sama bagaimana caranya pada artikel yang kami bagikan kali ini.

Membuat Alat Elektronik Dari Barang Bekas

Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa tak semua barang bekas bisa kita sulap menjadi alat elektronik sederhana. Namun jika anda punya kreativitas tinggi, bukan hal mustahil jika barang-barang bekas yang tidak punya nilai bisa diubah menjadi rang-barang yang bernilai tinggi.

1. Kipas Angin Dari Barang Bekas

Alat elektronik sederhana yang bisa kita buat dari bahan barang bekas yang pertama adalah kipas angin. Kipas angin adalah salah satu alat elektronik rumah tangga yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, mengingat negara ini adalah negara tropis yang selalu panas. Kita bisa membuat kipas angin dari bahan utama berupa kepingan DVD bekas.

Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Kepingan DVD bekas
  • Pipa bekas
  • Tutup botol bekas
  • Motor DC bekas
  • Baterai 5 volt
  • Lem
  • Gunting
  • Kabel

Baca juga : Rangkaian Alat Pendeteksi Kebocoran LPG

Jika semua bahan sudah siap, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menggunting kepingan DVD bekas menjadi 8 bagian hingga menyerupai baling-baling. Setelah itu pasang tutup botol ke ujung motor DC bekas, lalu kaitkan ke kepingan DVD yang sudah digunting tadi menggunakan lem.

Pastikan saat motor DC berputar, kepingan DVD bekas tadi bisa ikut berputar. Langkah berikutnya silahkan gunakan pipa bekas tadi sebagai dudukan dari kipas angin. Anda bisa merekatkannya menggunakan lem. Jangan lupa pasang kabel pada motor DC dan hubungkan kabel tersebut ke baterai 5 volt yang sudah disediakan.

Taraa…. Kipas angin dari kepingan DVD bekas sudah siap digunakan. Bagaimana, mudah bukan? Jika anda tidak memiliki baterai, anda bisa menggantinya dengan menggunakan kabel USB yang dicolokkan pada kepala charger. Dengan begitu kipas bisa terus berputar tanpa takut kehabisan baterai.

Baca juga : Rangkaian Alat Pembasmi Serangga

2. AC Dari Barang Bekas

Selain kipas angin dari barang bekas, ternyata kita juga bisa membuat AC dari barang bekas. Tentunya anda sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya AC? Ya, AC alias pendingin ruangan ternyata bisa kita buat dari barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai.

Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Kipas bekas komputer
  • Wadah plastik bekas
  • Adaptor 12 volt
  • Lem tembak
  • Isolasi
  • Cutter
  • Es batu

Setelah semua alat dan bahannya sudah siap, langsung ke proses pembuatannya. Pertama-tama silahkan lubangi sisi atas wadah plastik sesuai dengan ukuran kipas komputer bekas yang sudah disiapkan sebelumnya. Lubangi pula sisi samping sebagai ventilasi. Fungsinya sebagai jalan untuk keluar udara dingin.

Apabila sudah selesai melubangi, langsung pasang kipas pada lubang dengan lem tembak. Jangan lupa sambungkan kabelnya ke adaptor dengan isolasi. Jika sudah selesai semua, masukkan es batu. Nyalakan kipas angin dan hawa dingin es batu akan keluar dari ventilasi sehingga memberikan udara dingin di sekitar AC yang sudah dibuat tadi.

Nah, bagaimana sangat mudah bukan? Ternyata membuat alat elektronika dari barang bekas tidak sesulit yang kita bayangkan. Hanya bermodal barang-barang bekas dan perlatan sederhana saja, kita bisa menyulap barang-barang tak bernilai menjadi barang yang memiliki nilai tinggi.

Loading...

Incoming search terms:

  • buat elektronik dar