Cara Membuat Gearbox Maju Mundur Sederhana Sendiri

6491 views

Cara Membuat Gearbox Maju Mundur Sederhana Sendiri – Bagi anda yang sudah lama berkecimpung di dunia elektronika dan robotik tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gearbox. Ya, pada umumnya gearbox digunakan pada bidang-bidang elektronika yang menggunakan motor sebagai penggerak.

Misalnya saja pada robot humanoid. Jika dilihat dari definisinya, gearbox adalah salah satu komponen utama pada motor yang disebut sebagai sistem pemindah tenaga. Tenaga dipindahkan dari motor yang berputar, kemudian digunakan untuk memutar spindel mesin atapun melakukan berbagai macam gerakan feeding.

Dari sana sudah jelas bahwa gearbox merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sistem penggerak yang menggunakan motor listrik. Jika dilihat dari susunannya, ada banyak sekali jenis gearbox mulai dari yang memiliki susunan sederhana hingga yang memiliki susunan rumit.

Cara Membuat Gearbox Maju Mundur

Kita bisa menemukan banyak sekali peralatan di sekitar yang menggunakan gearbox mulai dari kendaraan seperti sepeda motor dan mobil sampai dengan jam dan juga arloji. Nah, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semuanya untuk melihat informasi mengenai bagaimana cara membuat gearbox.

Tutorial cara membuat gearbox yang kami bagikan kali ini merupakan tutorial cara membuat gearbox sederhana yang digunakan untuk hal-hal ringan seperti pada robot line following, simple humanoid, dan lain-lain. Maka dari itu komponen gear yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Berbeda halnya seperti gearbox yang digunakan pada kendaraan bermotor.

Baca juga : Persamaan dan Perbedaan Motor AC dan DC

Sebelum itu anda juga perlu tahu bahwa terdapat gearbox maju dan juga mundur. Maju mundur gearbox tersebut dipengaruhi oleh putaran motor sebagai penggerak utamanya. Jika putaran motor searah jarum jam, maka digunakanlah gearbox maju. Sebaliknya jika putaran motor berlawanan arah jarum jam, maka digunakanlah gearbox mundur.

Selain itu susunan gearbox juga bisa mempengaruhi arah maju dan mundurnya. Oleh sebab itu memperhatikan susunan pada gearbox merupakan salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh kita sepelekan saat membuat gearbox itu sendiri. Oke, tak perlu berlama-lama lagi langsung saja berikut video cara membuat gearbox maju mundur sederhana.

1. Video Cara Membuat Gearbox Sederhana

Tonton Video Lengkapnya di sini

Baca juga : Fungsi dan Prinsip Kerja Motor DC

2. Video Cara Membuat Gearbox Maju Mundur

Tonton Video Lengkapnya di sini

Bagaimana, cukup mudah bukan? Bahan-bahan yang digunakan juga tidak begitu rumit. Terlebih lagi jika anda memiliki printer 3D, maka anda bisa membuat part gear sendiri sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Namun jika anda tidak memiliki printer 3D, tak perlu kawatir karena anda bisa membeli masing-masing part gear di marketplace seperti Tokopedia ataupun Bukalapak.

Harganya tidaklah mahal, dan sangat variatif. Oke, demikianlah tadi ulasan singkat mengenai cara membuat gearbox maju mundur sendiri sederhana tanpa perlu bahan yang ribet dan memakan biaya mahal. Sebarkan info cara buat gearbox ini ke teman-teman anda agar mereka juga bisa mempraktikkannya. Sampai jumpa.

Loading...

Incoming search terms:

  • cara membuat gearbox maju mundur sederhana
  • CARA BUAT INVERTER SEDERHANA
  • cara membuat gearbox motor dc
  • bikin gearbox
  • contoh cara membuat gearbox
  • cara membuat sepeda motor bisa mundur
  • cara kerja gearranrai maju mundur
  • cara buat girbok mundur
  • Trik mesin motor bisa mundur
  • Buat gearbox sederhana