Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung dan 1 Tabung Agar Awet

681 views

Cara Merawat Mesin Cuci Dua Tabung dan Satu Tabung Agar Awet – Tak bisa dipungkiri lagi bawasanya pekerjaan manusia terasa lebih mudah dengan adanya mesin. Selain lebih mudah, mesin juga bisa membuat pekerjaan menjadi lebih cepat. Ada banyak sekali mesin yang kerap digunakan oleh masyarakat. Salah satunya adalah mesin cuci.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ada banyak sekali jenis mesin cuci yang bisa kita beli, mulai dari mesin cuci 1 tabung hingga mesin cuci 2 tabung. Selain itu ada mesin cuci top loading (pintu atas), ada pula mesin cuci front loading (pintu depan). Masing-masing jenis tersebut punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Tak hanya pilihan jenis, merk mesin cuci pun kian hari kian beragam. Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan brand-brand mesin cuci yang terkenal seperti Samsung, LG, Philips, Sharp, Polytron, Panasonic, Sanken, Electrolux, Denpoo, Mide, dan lain-lain. Brand-brand tersebut berlomba-lomba untuk membuat mesin cuci nomor satu dengan cara menyematkan berbagai macam teknologi kekinian.

Cara Merawat Mesin Cuci

Berbagai macam teknologi yang canggih disematkan pada mesin cuci buatannya mulai dari teknologi pengering, penghilang kuman, dan masih banyak lagi yang lain. Meskipun begitu, bukan berarti mesin cuci tersebut tidak memiliki kelemahan. Semua barang elektronik termasuk mesin cuci pasti akan rusak ketika digunakan terus-menerus.

Perlu anda tahu bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur mesin cuci sehingga awet dan tidak mudah rusak. Cara-cara merawat mesin cuci sebenarnya tidaklah sulit. Akan tetapi masih banyak pengguna mesin cuci yang belum menyadarinya. Oleh karena itu silahkan simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Tempatkan Mesin Cuci di Tempat yang Datar

Untuk menjaga agar umur mesin cuci bisa panjang, baik yang satu tabung maupun dua tabung, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah penempatannya. Pastikan anda menempatkan mesin cuci di tempat yang datar alias tidak miring. Dengan begitu mesin cuci akan bekerja dengan normal dan awet.

2. Jangan Memasukkan Pakaian Terlalu Banyak

Hal kedua yang perlu anda perhatikan untuk menjaga mesin cuci agar tetap awet adalah hindari memasukkan pakaian dalam jumlah yang terlalu banyak. Apalagi jika pakaian yang anda masukkan memiliki berat di atas kapasitas mesin cuci. Misal kapasitas mesin cuci anda 8kg, dan anda memasukkan pakaian dengan berat 10kg.

3. Hindari Mendiamkan Pakaian Terlalu Lama dalam Mesin Cuci

Selanjutnya anda harus menghindari mendiamkan pakaian terlalu lama di dalam mesin cuci, apalagi dalam keadaan terendam air. Hal tersebut dapat mengakibatkan mesin cuci mudah rusak akibat berkarat. Selain itu sensor-sensor yang ada dalam mesin cuci juga mudah rusak karena hal tersebut.

Baca juga :

4. Atur Mode Mesin Cuci Sesuai Jenis Pakaian

Seperti yang kita ketahui bahwa mesin cuci saat sudah sudah memiliki fitur yang canggih untuk mengatur modenya sesuai dengan jenis pakaian yang sedang dicuci seperti selimut, pakaian lembut, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu jangan malas-malas untuk melakukan pengaturan jika ingin mesin cuci anda awet.

5. Rutin Bersihkan Filter Mesin Cuci

Setiap mesin cuci pasti dilengkapi dengan filter untuk menyaring berbagai macam kotoran. Apabila anda menginginkan mesin cuci awet dan tetap wangi, usahakan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang tersaring oleh filter mesin cuci secara rutin.

6. Cabut Colokan Listrik Mesin Cuci Jika Tidak Digunakan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa voltase listrik di Indonesia biasa naik turun. Hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada peralatan elektronik. Oleh sebab itu untuk menjaga mesin cuci tetap awet, usahakan untuk melepas colokan listrik saat mesin sudah tidak dipakai.

7. Sebisa Mungkin Lindungi Bagian Vital Mesin Cuci

Mesin cuci memiliki beberapa bagian vital yang tidak boleh terkena air maupun detergen seperti pada bagian modul mesin cuci. Sebisa mungkin lindungi bagian tersebut agar tidak terkenal air atau detergen. Selain itu biasanya bagian bawah mesin cuci juga rawan untuk dimasuki tikut. Tutup bagian tersebut untuk menghindarinya.

Semoga informasi singkat mengenai cara merawat mesin cuci agar awet, tidak mudah rusak dan karatan, baik 1 tabung maupun 2 tabung tadi bermanfaat bagi seluruh pembaca semuanya. Silahkan bagikan informasi ini kepada teman-teman anda agar mereka bisa membaca kemudian mempraktikkannya, dan merasakan manfaatnya.

Loading...