Inverter Simpel Menggunakan IC Timer 555

7307 views

Inverter Simpel Menggunakan IC Timer 555 – Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa inverter adalah alat yang digunakan untuk mengubah listrik searah (DC) menjadi listrik bolak-balik (AC). Dalam kehidupan sehari-hari, inverter banyak digunakan sebagai alat bantu untuk membuat energi listrik alternatif.

Misalnya pada sebuah set alat pembangkit listrik tenaga matahari. Inverter digunakan untuk mengkonversi listrik DC yang dihasilkan oleh panel solar cell menjadi listrik AC sehingga bisa digunakan untuk menyalakan berbagai macam peralatan listrik di rumah mulai dari lampu, TV, kulkas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu inverter juga digunakan untuk berbagai macam bidang kehidupan lainnya mulai dari kesehatan, pendidikan, perikanan, hingga peternakan. Itulah salah satu alasan mengapa inverter penting untuk kita bahas pada postingan kita kali ini. Oleh sebab itu jangan sampai lewatkan ulasan yang menarik ini.

Rangkaian Inverter dengan IC Timer 555

Ya, pada kesempatan yang sangat baik ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat informasi anyar mengenai skema rangkaian inverter sederhana dengan menggunakan IC timer 555. Tentunya sebagian besar dari anda tidak menyangka bahwa IC tersebut bisa digunakan untuk inverter bukan?

Padahal sebelum-sebelumnya kita mengira bahwa IC tersebut hanya bisa digunakan untuk membuat rangkaian timer saja. Rangkaian inverter yang akan kami bagikan ini sangat cocok bagi para pemula mengingat skemanya yang simpel dan tidak memerlukan banyak komponen, terutama komponen yang harganya mahal. Langsung saja berikut skema rangkaiannya.

Baca juga : Rangkaian Inverter Pure Sine Wave 1000 Watt

Cukup gampang bukan? Semua daftar komponen yang dibutuhkan bisa anda lihat pada skema di atas. Selain itu anda juga bisa menambahkan switch agar hasilnya lebih maksimal. Berikut skema rangkaian inverter dengan IC timer 555 yang sudah dimodifikasi dengan tambahan switch on/off.

Oh iya, dalam skema rangkaian tadi terlihat penggunaan dua buah transistor,  yakni transistor jenis TIP41A dan TIP42A. Sebagian dari anda mungkin masih sedikit asing dengan transistor persebut. Berikut berupakan susunan kaki dari transistor tersebut agar anda tidak bingung dalam pemasangannya.

Oke, demikianlah informasi mengenai skema rangkaian inverter simpel dengan IC timer 555. Semoga informasi yang kami share kali ini dapat menginspirasi anda semua para teknisi elektronika pemula (utamanya) agar bisa belajar dan mendapatkan ilmu lebih. Sampai jumpa di lain kesempatan dengan info menarik seputar elektronika lainnya.

Loading...

Incoming search terms:

  • Skema menggunakan ic 555
  • skema inverter ic ne555
  • skema inverter tl494
  • Skema inverter IC 555 NE
  • skema inverter dc to ac trafo non ct
  • sekema ic ne555 buat inverter pemanas
  • rangkaian inverter 555
  • inver ter menggunakan ic ne 555
  • ic inverter
  • cara membuat inverter menggunakan ic 555