Tutorial Cara Membuat Jumper Saklar ke Stop Kontak

5037 views

Tutorial Cara Membuat Jumper Saklar ke Stop Kontak – Tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan peralatan listrik yang bernama saklar dan stop kontak bukan? Dua peralatan tersebut umum dijumpai di rumah-rumah yang sudah terjangkau instalasi listrik baik dari PLN maupun sumber lain seperti solar sell atau yang lainnya.

Saklar digunakan untuk menyambung dan juga memutus arus listrik. Sedangkan stop kontak digunakan untuk mengalirkan listrik ke peralatan elektronik seperti kulkas, TV, AC, mesin cuci, radio, blender dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi mustahil jika kita tidak pernah tahu apa itu saklar dan juga stop kontak.

Bicara soal dua peralatan listrik tersebut, bentuknya sangat bermacam-macam. Kita bisa menjumpai berbagai macam bentuk dan jenis saklar maupun stop kontak di pasaran mulai dari jenis gantung sampai dengan tempel. Ada pula jenis saklar dan stop kontak yang terpasang menjadi satu kesatuan.

Cara Buat Jumper Saklar ke Stop Kontak

Saklar dan stop kontak yang terpasang menjadi satu tersebut sebenarnya bisa kita atur menjadi dua fungsi. Yang pertama saklar digunakan untuk menyalakan lampu, dan stop kontak digunakan untuk mengalirkan listrik ke peralatan elektronika. Dan yang kedua, saklar digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan listrik dari stop kontak.

Untuk menyesuaikan fungsi dari saklar yang bersatu dengan stop kontak tersebut, kita hanya perlu mengatur jumper yang ada di dalamnya. Sayangnya tak banyak orang yang tahu bagaimana cara membuat jumper saklar ke stop kontak agar bisa difungsikan sesuai dengan keinginan kita.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat informasi mengenai tutorial lengkap cara membuat jumper saklar ke stop kontak dengan benar, baik untuk menyalakan lampu maupun untuk on/off stop kontak yang ada di sebelah saklar

Fungsi 1 (Saklar Untuk Menyalakan/Mematikan Lampu)

Fungsi yang pertama ini dibuat agar saklar bisa difungsikan untuk menyalakan dan mematikan lampu. Sedangkan stop kontak yang ada di sampingnya masih bisa digunakan untuk mengalirkan listrik ke peralatan elektronik seperti TV, kulkas, dll. Cara membuat jumpernya cukup mudah, bisa langsung lihat pada gambar di bawah ini.

Baca juga : Cara Memasang Saklar Lampu dan Stop Kontak

Fungsi 2 (Saklar Untuk Menyalakan/Mematikan Stop Kontak)

Sedangkan fungsi yang kedua ini, saklar digunakan sebagai tombol on/off listrik pada stop kontak yang ada di sampingnya. Jadi saat saklar ditekan, maka stop kontak akan aktif dan mengalirkan listrik. Sebaliknya saat saklar ditekan lagi, maka stop kontak akan off dan listrik terputus. Untuk membuat jumpernya bisa langsung simak gambar di bawah ini.

Sekian informasi mengenai tutorial cara membuat jumper saklar ke stop kontak dengan benar. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi anda para pembaca semuanya terutama yang masih awam soal ilmu listrik sederhana seperti yang kita bahas kali ini. Share ke teman anda jikalau info kelistrikan ini bermanfaat.

Loading...

Incoming search terms:

  • Bentuk-bentuk saklar listrik
  • cara membuat jumper
  • cara membuat jumper listrik
  • cara membuat saklar led
  • cara menjedikan sakalar ada stop kontak
  • membuat lampu led pada saklar
  • Membuat stop kontak dari saklar